Jipridin: 3 hal Harus NU Lakukan Menuju Harakah Ishlah

Bagikan:

Foto: Foto Bersama Pada Pembukaan MKNU UNU Kal-Bar/Istimewa

Kubu Raya, jurnalistiwa.co.id - Wakil Rektor Bidang SDM dan Kemahasiswaan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat, Jipridin menegaskan bahwa ada tiga hal yang harus NU lakukan untuk menuju Harakah Ishlah (Gerakan Perbaikan).

"Tiga hal tersebut meliputi Tajdidul Harakah, Tashihul Harakah dan Taqwiyatul Harakah," tegasnya saat menghadiri pembukaan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU) yang bertempat di Ponpes Darul Faizin, Senin (05/04/2021).

"Tajdidul Harakah itu merupakan Pembaharuan Gerakan. Pembaharuan bagi NU bukanlah dalam bentuk ajarannya karena itu sudah final, melainkan sebuah pembaruan yang dilakukan pada gerakan dan langkah-langkah pengorganisasiannya," imbuhnya dihadapan 58 Civitas Akademika UNU Kal-Bar yang ikut dalam MKNU tersebut.

Tashihul Harakah sendiri merupakan Pengesahan Gerakan, yaitu aktivitas yang selama ini dilakukan dalam rangka muhasabah/introspeksi-refleksi gerakan yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip dan garis perjuangan NU terhadap tantangan aktual dan dinamika yang dihadapi.

Sementara Taqwiyatul Harakah (Memperkuat Gerakan), merupakan penguatan upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini.

Menurut Jipridin, selama ini gerakan-gerakan yang dilakukan NU sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ke-NU-an serta merespon tantangan yang dihadapi.

Berbagai tantangan yang dihadapi tersebut meliputi masalah diniyah(keagamaan) dan masalah ijtima'iyah (kemasyarakatan).

"Demikian, semoga dapat dijadikan gerakan kolektif bagi warga NU," harapnya. (ysf)

Bagikan:

BERITA

KALBAR

Komentar:

0 comments: