KKL-DR IAIN Pontianak, Wilayah Kubu 1 dan 2 Adakan Bersih-Bersih Bersama Masyarakat

Bagikan:

Foto: Mahasiswa Mengumpulkan Sampah Plastik/Istimewa
Kubu Raya, Jurnalistiwa.co.id- Laksanakan program Kuliah Kerja Lapangan Dari Rumah (KKL-DR) wilayah kecamatan Kubu 1 dan 2, kabupaten Kubu Raya melakukan kegiatan bersih-bersih dibeberapa tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat pada Sabtu, (15/08/2020).

Berdasar pada buku manual/panduan, KKL-DR memiliki definisi suatu bentuk kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh mahasiswa dengan bimbingan dosen yang menekankan pada penguatan kompetensi mahasiswa, dan merupakan perpaduan antara aspek aplikasi akademik, aspek penelitian, dan aspek sosial yang tergabung melalui kegiatan pengabdian masyarakat dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, sehingga dapat memberikan makna langsung bagi mahasiswa dan masyarakat. 

Keberadaan program ini merupakan tindak lanjut atas terjadinya pendemi Covid-19. Disebut Dari Rumah karena kegiatan KKL-DR ini dilaksanakan mahasiswa dari rumah masing-masing. Dengan KKL-DR ini mahasiswa tetap bisa melaksanakan program pengabdian masyarakat di rumah dan lingkungan sekitar mencakup daerah kewilayahan yang telah ditentukan panitia.

Melihat program yang harus dilaksanakan mahasiswa, KKL-DR wilayah Kubu 1 melakukan beberapa kegiatan diantaranya bersih-bersih di Makam Syarif Ali Al-Idrus, lingkungan Kantor Camat Kubu, dan kampung Teluk Nangka.

Rianto, Anggota kewilayahan Kubu 1 mengatakan KKL-DR sangat membantu mahasiswa karena lebih mudah dan menjadi solusi yang sangat tepat untuk diterapkan dimasa seperti ini.

"KKL-DR sangat tepat karena melihat keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang, hingga dari rumah bisa melakukan kegiatan pengabdian pada masayarakat" Ucapnya.

Nora, Kordinator Wilayah Kubu 1 mengatakan saat ini sangat tepat apabila KKL-DR diterapkan karena dapat melaksanakan pengabdian dilingkungan rumah sendiri dan lebih terasa keeratan terhadap tetangga.

"KKL-DR sangat menumbuhkan sikap keeratan terhadap tetangga sekarang saya sangat dekat dengan tetangga dan masyarakat di daerah saya sendiri" Tungkasnya.

Welly, Anggota Kewilayahan Kubu 1 menuturkann kami mengadakan kegiatan tentu mengedapankan protokoler kesehatan seperti menggunakan Masker, Hand Sanitizer, dan cuci tangan karena membawa almamater kampus sembari mempromosikan waspada Covid-19 dan budaya hidup sehat dengan protokoler kesehatan.

"Kami gunakan protokoler kesehatan seperti Masker, Hand Sanitizer, dan cuci tangan dalam kegiatan bersih-bersih ini dan karena kami membawa almamater kampus kami harus promosikan waspada Covid-19 dan budaya hidup sehat dengan protokoler kesehatan" Tuturnya. (SL)
Bagikan:

KUBU RAYA

Komentar:

0 comments: