Yuk Sayangi Bumi Mulai dari Hal yang Kecil, Berikut Tipsnya

Bagikan:
Foto: Net/Istimewa
Jurnalistiwa.co.idRumah kita adalah bumi, planet yang di dalamnya terdapat kehidupan yang telah ditentukan untuk menjadi tempat tinggal kita semua. Lantas sebagai penghuni bumi, tentunya kita sadar akan keadaan bumi yang sudah tidak seperti dulu lagi. Perlu kita ketahui kalau bumi yang selama ini menjadi tempat tinggal kita sebenarnya juga sama seperti kita, makhluk hidup. Yaitu harus dirawat  dan dijaga seisinya. Mulai dari tanah, air, tanaman, dan segala elemen yang ada di dalamnya.

Mungkin  kita terlalu hanyut dengan segala fasilitas yang disediakan oleh bumi sampai kita berlebihan dalam memanfaatkannya bahkan menyakiti bumi hanya demi keuntungan diri sendiri. Seperti menebang pohon liar, membuang sampah sembarangan, penggunaan Plastik yang berlebihan dan lainnya.

Dan disadari atau tidak semakin kita melakukan kebiasaan buruk yang merusak lingkungan sama saja merusak diri kita sendiri. Karena jika kualitas alam menurun, kita yang tinggal didalam nya terkena imbasnya. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengaplikasikan kecintaan kita kepada bumi, karena sekecil kebaikan apapun yang kita lakukan itu akan berdampak baik kepada bumi, dan kehidupan didalamnya. Lingkungan hidup adalah bagian dari bumi, dimana lingkungan juga komponen kecil  yang sangat mudah dijangkau yang harus kita rawat dan kita jaga. 

Dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup, dinyatakan bahwa lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan,  dan makhluk hidup, termasuk manusia dan prilakunya yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Jadi semua yang kita lakukan pasti ada dampak positif atau bisa berdampak negative.

Namun, saat ini yang kita temui banyak masalah masalah lingkungan terjadi, seperti bencana banjir, menipisnya sumber daya alam, rusaknya hutan, dan lain lain, dan itu semua tidak luput adalah ulah kita manusia. Dari berbagai masalah tersebut, maka mencintai bumi atau lingkungan adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk melestarikan lingkungan dan menjaga bumi kita.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Mungkin ini adalah hal paling mendasar yang bisa kita lakukan. Dengan membuang sampah pada tempatnya selain berdampak positif buat bumi juga bermanfaat bagi kita lingkungan akan  bersih, tenang dan nyaman.  Tidak  mau kan jika tinggal dilingkungan yang kotor ? banyak nyamuk, lalat dan bau tidak sedap yang akan mengganggu indera penciuman kita.banyak kan di sekitar kita yang sudah menjadi contoh yang buruk seperti membuang sampah disungai sehingga sungai air sungai menjadi tercemar, kotor dan sebagai nya. Yuk dimulai dari kita sendiri yang sadar akan lingkungan dan kondisi bumi kita

Menghemat Listrik

Ternyata listrik suatu saat juga bisa habis loh temen-temen. Dengan menghemat listrik maka kita akan membantu meminimalisir karbon dioksida yang menyebabkan global warming. Kok bisa begitu ya ?? karna sebenarnya energy listrik banyak berasal dari bahan bakar atau batu bara yang bila kita mengkonsumsi listrik dengan boros maka semakin tinggi emisi karbon yang dihasilkan pembangkit listrik lah karena meningkat nya emisi karbon maka timbullah istilah global warming atau pemanasan global. Jadi bayangkan apabila kita dan banyak sekali orang-orang yang menggunakan listrik dengan Cuma-Cuma seperti menyalakan lampu di siang hari yang terang, menggunakan kendaraan  dengan bensin yang juga menghasilkan emisi karbon dan polusi, ditambah dengan tata penghijauan kota yang kacau. Sangat miris bukan bumi kita yang akan menjadi tempat tinggal anak cucu kita nanti. Listrik memang sangat membantu kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tapi apabila tidak digunakan secara bijaksana, tidak hanya menyulitkan finansial kita tetapi juga bumi kita kedepannya. Yuk menghemat listrik dari sekarang, seperti mematikan listrik saat tidak digunakan, cabut kabel dari stop kontaknbila benda yang menggunakan listrik tidak dipakai, mencuci pakaian dengan manual, dan masih banyak lagi.

Mengurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sampah Plastik merupakan salah satu penyebab terbesar kerusakan lingkungan. Dan juga sangat tidak bagus bagi tanah pertanian, membuatnya tidak subur dan merusak tanaman. Plastik adalah penyebab rusaknya keseimbangan ekosistem bumi, kamu pasti sering mendengar berita banyak hewan laut yang mati secara mendadak. Mirisnya, penyebab kematian hewan laut tadi adalah keracunan limbah Plastik. Banyak ditemukan sampah Plastik dalam tubuh hewan laut tersebut mulai dari Plastik makanan, Plastik belanja, sampai botol minuman. Plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk membuatnya terurai kembali. Coba bayangkan berapa ratus tahun yang akan dibutuhkan untuk mengurai semua saampah plasti yang dihasilkan oleh manusia. Dan cara mudah untuk meminimalisir penggunaan Plastik yang bisa dilakukan dalam keseharian kita  adalah membawa tas belanja sendiri ke market atau pasar. Dengan membawa tas belanja sendiri maka kita sadari atau tidak kita sudah mengurangi penggunaan kantong Plastik. Dengan hal kecil ini maka kita juga berkontribusi dalam mengurangi penggunaan sampah Plastik, dimulai dari hal kecil maka akan berlanjut pada hal besar dan memberi hasil yang nyata untuk bumi.

Mengurangi Penggunaan Kertas 

Mengurangi penggunaan kertas ini juga penting loh, kenapa saya katakana penting?, kalian pasti tau kan kartas itu terbuat dari apa? Yaa betul yaitu pohon yang diolah dan diproses yang akhirnya menjadilah kertas yang kita gunakan sehari-hari. Jikalau kita menggunakan kertas dengan berlebihan sama saja dengan kita menghabisi satu persatu pohon yang ada dilingkungan kita.padahal kan pohon sangat bergua bagi kita. Contoh kecil dari pohon adalah menyerap air,( tambahin). Tidak kebayang kalau dilingkungan kita tidak pohon atau semua hutan gundul, maka bumi akan marah, sama saja kita mengundang banjir dan tanah longsor dan bencana-bencana yang lain. Menakutkan bukan? Yuk kita kurangi penggunaan kertas ini dengan menggunakan nya sesuai kebutuhan kita saja. Dan setelah tidak digunakan lagi kita mendaur ulang atau mensulap menjadi barang yang berharga.

Meminimalisasi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Dengan meningkatnya intensitas penggunaan kendaraan pribadi, membuat jalanan semakin padat dan berujung kemacetan panjang. Salah satu cara untuk mengatasi kemacetan adalah menggunakan transportasi umum sehingga bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang berujung kemacetan. Transportasi umum walaupun tidak senyaman jika dibandingkan dengan kendaraan pribadi, tetapi penggunaannya merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa menikmati perjalanan dan juga mengurangi emisi gas rumah kaca.

Membawa Bekal Makanan Dan Minuman Sendiri

Membawa bekal makanan atau minuman tidak hanya untuk anak sekolahan, namun juga untuk mereka yang menjalani program diet pun juga bisa membawa makanan sendiri untuk mengontrol asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Banyak dampak positif dari membawa bekal sendiri yaitu lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya, lebih mudah untuk mengontrol asupan gizi, mengurangi sisa makanan di rumah, menghemat anggaran bulanan, dan masih banyak lagi. Dan dampaknya bagi bumi adalah bisa meminimalisir sampah, meminimalisir penggunaan Plastik teman-teman. Dan ini bisa kita lakukan sehari-hari dari berpergian atau ke kampus.

Sudah pada tahukan bagaimana cara menyelamatkan dan melestarikan bumi. Kita sebagai manusia yang memegang kelangsungan perikehidupan untuk kedepannya, khususnya kaum milenial yang akan menjadi generasi penerus kehidupan bumi dan negeri. Yuk bangun dari sekarang untuk bekerja sama melestarikan bumi.

Penulis: Sofiana Dewi Mahasiswa FISIP UNTAN
Editor: Sopian Lubis
Bagikan:

ARTIKEL

Komentar:

0 comments: