Pro Kontra Dampak Bermain Game Online

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh: Rahmad Nugraha Putra*

Bermain gadget sedang jadi tren di kalangan milenial. Tidak bisa dipungkiri perkembangan teknologi sangat pesat. Salah satu dampak perkembangan teknologi yang meresahkan orang tua adalah munculnya permainan virtual yang bisa diakses lewat gadget.

Secara umum game online dapat didefinisikan sebuah jenis video game permainan yang hanya bisa dijalankan apabila sebuah perangkat yang digunakan untuk bermain game terhubung dengan jaringan internet. Maka dari itu dapat diartikan bahwa game online ini hanya dapat dimainkan jika komputer atau smartphone yang anda gunakan terhubung ke internet.

Game ditujukan untuk anak-anak, akan tetapi tidak sedikit pula orang dewasa yang kerap memainkannya bahkan banyak yang telah menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game online itu sendiri. Bahkan pemerintah seolah mendukung hobi baru para milenial saat ini dengan menjadikan game online sebagai olahraga di Piala Presiden 2019.

Salah satu contoh gamer profesional asal Indonesia adalah  Justin atau yang dikenal dengan nama Jess No Limit. Justin bisa mendapatkan penghasilan dari bermain game Rp 11 jutaan per bulan. Bermula dari hobinya bermain game Mobile Legend, Justin “Jess No Limit” mendadak jadi orang paling terkenal dikalangan pecinta game online.

Sering menang dalam bermain Mobile Legend membawanya menduduki peringkat pertama dunia di Mobile Legend Season 6. Dari situlah uang jutaan rupiah berdatangan ke pria yang populer dengan panggilan  "Jess No Limit". Dampak positif lainnya dari bermain game online jika kita menggunakannya dan menerapkannya dengan baik dikehidupan nyata ialah sebagai berikut:

Team work
Dalam permainan ini dibutuhkan kerjasama tim yang baik, bagaimana langkah yang akan dilalui sebuah team untuk memenangkan permainan. Selain itu, sebuah tim harus saling memperhatikan anggotanya jika anggota butuh bantuan senjata, medis, atau sedang dikepung lawan. Jika masing-masing anggota tim tidak bekerjasama dengan baik maka akan sulit untuk mencapai kemenangan.

Di dunia pekerjaan pasti membutuhkan kerjasama antar tim. Bagaimana membentuk komunikasi dengan team. Dengan kerjasama tim yang baik akan mendapatkan hasil yang maksimal saat bekerja dan bahkan memperoleh bonus.

Survive
Ya, bertahan bahkan dalam keadaan darurat. di dalam game kita bertarung untuk memperoleh kemenangan. Nah, bertahan dalam situasi yang buruk itu bukan hal yang gampang. Dengan game ini akan diajarkan untuk bertahan saat keadaan benar-benar sekarat.

Survive tidak hanya anda butuhkan di permainan saja bukan? Anda bisa pelajari hal ini dalam situasi yang anda alami. Baik di dunia pekerjaan, pendidikan, dan di masyarakat. Belajar survive saat datang cobaan di dalam hidup anda. Serta bagaimana keluar dari masalah ini dan kembali bersinar.

Strategy planning
Sebelum memulai perang sudah pasti dibutuhkan strategi yang mantap. Perencanaan strategi sangat dibutuhkan di dalam game ini. Barang apa yang anda butuhkan untuk menyerang dan bertahan. Tanpa strategi yang baik akan sia-sialah perjuangan yang anda lakukan.

Nah kalau di permainan saja anda bisa menjadi strategy planing yang baik, pastikan di kehidupan sehari-hari anda dapat menerapkannya. Di kantor misalnya, di sekolah, di rumah dan di mana saja anda berada.

Namun sayangnya tidak semua orang bisa memahami dampak positif tersebut. Banyak yang sudah memberi "nilai negatif" pada game online ini. Bahkan disalah satu kota di Indonesia telah menerapkan kebijakan larangan bermain game online yaitu game Player Unknown's Battle Grounds (PUBG) dan sejenisnya.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh mengeluarkan fatwa haram ini kemudian disetujui 47 ulama anggota MPU. "Setelah kita menggelar sidang selama dua hari, hasilnya game PUBG dan yang sejenisnya hukum bermainnya haram," kata Wakil Ketua MPU Aceh, Teungku Faisal Ali, saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (19/6/2019).

Sebelum mengeluarkan fatwa, MPU Aceh menggelar sidang paripurna ulama III tahun 2019 dengan tema 'Hukum & Dampak Game PUBG (Player Unknown's Battle Grounds) dan sejenisnya menurut fiqih Islam, Informasi Teknologi dan Psikologi'. Sidang digelar di Aula Tgk H Abdullah Ujong Rimba Sekretariat MPU Aceh sejak 17-19 Juni 2019.

Menurut Faisal, ulama Aceh memutuskan mengharamkan bermain game PUBG karena sejumlah alasan. Salah satu alasan yang disebutkan yaitu dapat membangkitkan semangat kebrutalan anak-anak dan orang yang bermain game tersebut.

Selain itu Faisal menyebut permainan itu dapat melahirkan perilaku yang tidak baik. Berdasarkan opini-opini yang berkembang di tengah masyarakat, ada beberapa dampak negatif juga yang timbul dari bermain game online yaitu:

Keasyikan bermain hingga lupa waktu
Terlalu asyik bertarung dalam permainan ini membuat pemain lupa waktu. Sekali pertempuran bisa memakan waktu minimal 25 menit. Bayangkan jika bermain sampai 3 kali pertarungan, bisa menghabiskan waktu satu jam lebih.

Bagi orang tua hal ini akan meresahkan karena anak-anak akan cenderung lupa waktu untuk belajar. Bagi para pekerja hal ini akan memengaruhi hasil kerja mereka, kebanyakan bermain akan membuat pekerja kurang fokus akan pekerjaannya. Sebaiknya waktu untuk bermain harus dikontrol, misalnya disaat weekend atau libur agar tidak memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Minimnya interaksi dengan dunia nyata
Kebanyakan bergaul di dunia virtual membuat waktu untuk berinteraksi dengan manusia di dunia nyata sangat minim. Kebiasaan ini menciptakan manusia yang kurang peka terhadap keadaan sekitar, bahkan menjadi manusia yang tidak peduli.

Tentu saja ini membahayakan bagi perkembangan sosial seseorang. Seorang anak yang sudah terbiasa dengan dunia virtual akan menjadi sosok yang apatis dan merasa tidak membutuhkan orang lain dalam kehidupannya.

Kerusakan mata
Keseringan bermain dan menatap layar gadget sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Dari beberapa nilai positif dan negatif dari sebuah game online, tetap pengawasan orang tua sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak. Untuk orang dewasa, manage diri dan waktu juga diperlukan agar tidak kecanduan sebuah game.

Seimbangkan waktu bekerja, istirahat, dan refreshing. Nah, itulah dampak-dampak yang didapatkan dari bermain game online. Selamat menikmati perkembangan teknologi dan jadilah penikmat teknologi yang cerdas. Segala sesuatu pasti ada dampak yang akan di hasilkan, maka dari itu semuanya kembali lagi kepada kita apakah akan menjadikan game online sebagai kegiatan yang positif bagi diri atau malah sebaliknya memberikan dampak negatif dan merugikan.

*) Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments: