Pentingnya Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net
Oleh: Rudi Kurniasyah*

jurnalistiwa.co.id - Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan kunci dari kemajuan suatu bangsa. Semua orang pasti menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan peluang dalam menjadikan bangsa ini sejajar dengan negara-negara yang telah maju.

Akan tetapi, kenyataan nya adalah kualitas pendidikan di sini belum begitu bagus dibandingkan dengan negara lain. Lembaga pendidikan mengupayakan banyak cara untuk mencetak lulusan yang berkualitas demi mengantisipasi terhadap perubahan perkembangan zaman.

Namun keberhasilannya juga dipengaruhi oleh berbagai kondisi. Untuk  mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, perlu dilakukan beragam upaya secara sungguh-sungguh, dan mencari solusi permasalahan yang mungkin nanti akan kita hadapi.
Usaha untuk meningkatkan pendidikan sangatlah penting untuk menjawab tantangan globalisasai, kemajuan IPTEK, dan pergerakan para tenaga ahli. Lemabga pendidikan di tuntut untuk bisa mencetak orang-orang terdidik yang berkualitas karena sengitnya persaingan antar bangsa. Sehingga memiliki keahlian dalam kompetensi profesional serta siap untuk menghadapi kompetensi global.
Pada era teknologi seperti sekarang ini guru bukanlah satu satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Peran guru telah bergeser menjadi motivator, fasilisator, juga dinamisator.
Keberadaan internet membuat banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai materi pembelajaran. Dalam kondisi seperti inilah peran guru sebagai pendidik terasa sangat besar dan tak kan tergantikan.
 Karenanya beberapa pihak perlu melakukan peran secara lebih efektif, sehingga perlu dilakukan peningkatan langkah dan usaha yang jelas serta tepat sasaran. Beberapa usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tantangan besar yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan harus segera di selesaikan.

Penulis Adalah Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Pontianak
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: