Pentingnya Membaca di Pagi Hari

Bagikan:

Photo: Istimewa/Net

Oleh: Dinda*

jurnalistiwa.co.id - Bagaimana kalau bagun pagi diisi dengan membaca? Kebiasaan bangun pagi dan kemudian diisi dengan membaca pasti akan  banyak memiliki manfaat yang luar biasa dan tentunya juga akan menambah wawasan kita dari yang tidak tahu menjadi tahu karena sebelumnya kita belum membaca kita belum mendapatkan ilmu ketika disetiap pagi hari kita mulai membaca sudah akan menambah ilmu dan pengetahuan.

Membaca adalah suatu proses keterampilan yang mana kita dapat memahami, mengamati, dan menganalisa teks bacaan dengan tujuan memperoleh informasi baik melalui koran, internet, buku, maupun sumber lainnya. Apabila disaat pagi hari kita membaca otak dan pikiran tentunya masih segar dan mudah menyerap ilmu-ilmu yang sebelumnya kosong ilmu pengetahuan, wawasan pengetahuan, karena dengan membaca di pagi hari tentunya kita mendapatkan ilmu yang kita baca setelah kita beristirahat full pada malam harinya.

Dengan kebiasaan membaca di pagi hari  dimulai dari sejak dini sampai dewasa maka akan membentuk budaya membaca dan karakter keilmuan seseorang, agar menjadi pribadi yang berilmu luas dan wawasan yang banyak, dengan meluangkan waktu untuk membaca di pagi hari orang yang biasa membaca memiliki motivasi tinggi, bekerja secara fokus, dan mampu mengembangkan ide-ide yang cemerlang dan cermat karena dengan menerapkan membaca di pagi hari secara rutin.

Rata-rata yang membuat seseorang menjadi sukses adalah dengan menerapkan membaca di pagi hari walaupun tidak harus banyak yang ia baca, cukup dengan waktu sepuluh sampai lima belas menit saja itu sudah menambah wawasan dan ilmu bagi kita, yang awalnya tidak tahu menjadi tahu.

Apabila kita rutin membaca di pagi hari pastinya banyak ilmu yang kita dapat, tidak harus dengan membaca, menulis juga dapat menambah wawasan asalkan kita dengan mencermati dan memahami isi teks yang dibaca. Tentunya dengan kebiasaan membaca ini hanya dimiliki oleh orang yang rendah hati, yang senantiasa ingin belajar, menambah wawasan dan menuntut ilmu.

Mereka adalah orang-orang yang sabar, percaya diri, santun, dan yakin bahwa ilmu membantu kehidupa secara bermartabat dan akan menjadikan suatu pribadi yang berilmu yang akan mencapai kesuksesan kelak dikemudian hari. Banyak orang haus akan pengetahuan karena kekurangan biaya atau pun dukungan keluarga yang kurang mampu, jadi kita sebagai mahasiswa harus bersyukur karena kita masih dapat belajar sampai sekarang, bayangkan orang di luar sana yang masih kurang ilmu dan pengetahuan.

Dengan disiplin membaca membuat bangsa akan berpengetahuan maju dan mandiri. Bahkan membaca dapat meningkatkan partisispasi masyarakat dalam pembangunan, semua masalah akan terpecahkan dengan kebiasaan membaca, menulis, analisis dan sintesis. Dampak positif membaca dipagi hari adalah dapat menghilangkan stres karena dampak stres yang terjadi pada kita bisa membuat kita risau ataupun lain sebagiannya.

Selain menghilangkan stres dengan membaca juga dapat menambah wawasan kosa kata kita dari kata ke kata, dan dapat menambah ilmu pengetahuan, karena dengan itulah kita harus menerapkan membaca di pagi hari agar kita tidak kehilangan informasi dan pengetahuan yang belum kita ketahui sebagaimana ilmu yang belum kita dapatkan dengan rutin kita membaca sebab itulah kita budayakan membaca dan menulis agar ilmu yang didapatkan dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

*Penulis Adalah Mahasiswa PGMI IAIN Pontianak.
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: