Pengaruh Gadget Terhadap Prilaku Sosial

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net
Oleh: Devi Suryaningsih*

jurnalistiwa.co.id - Dari pengamatan yang saya lihat saat ini gadget merupakan hal yang sudah tidak terlepas dalam kehidupan sehari-hari kita. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa semua tidak terlepas dari gadget. Saat ini semua orang bisa menghabiskan waktu bersama gadgetnya hingga berjam-jam tanpa memikirkan pengaruh buruk yang terdapat pada gadget tersebut.

Sebelum adanya gadget masyarakat mudah untuk saling menyapa dan melakukan kontak ketika berada di jalan maupun berkumpul bersama tetapi saat ini ketika semua orang telah memiliki gadget mereka menjadi lebih fokus kepada gadgetnya tanpa memperdulikan hal yang sedang terjadi di sekitarnya sehingga menyebabkan hubungan sosialisasi antar kerabat atau masyarakat menjadi minim.

Gadget bisa membuat seseorang menjadi pecandu game online, tanpa memperdulikan dampak yang bisa terjadi kepada mereka, adapun dampak dari bermain game tersebut  dapat melalaikan ibadah, pendidikan maupun kesehatan.

Hasil penelitian dari Amerika sekitar 63% masyarakat tidak menyadari bahwa bahaya sinar biru dari gelombang penggunaan gadget terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada retina mata sehingga dapat menyebabkan ketajaman penglihatan pada mata menjadi berkurang.

Gadget pun bisa menjadi dampak negatif bagi seseorang karena di dalam gadget terdapat kebebasan untuk mengakses jaringan negatif yang dapat merubah pola hidup seseorang dari gaya bahasa yang tidak sopan dan cara berpakaian yang mengikuti gaya kebarat-baratan yang biasa menggunakan pakaian agak terbuka.

Gadget juga bisa membuat seseorang menjadi suka berbohong untuk menutupi kesalahannya. Karena di dalam gadget seseorang bebas untuk dapat mengakses jaringan negatif secara cepat contohnya tentang pornografi melalui penglihatan dari gadget tersebut seseorang bisa jadi ingin melakukan hal yang dilihatnya sehingga terjadilah kasus pemerkosaan yang dapat merugikan korban dan dapat meresahkan masyarakat.

Maka mulai saat ini kita harus membatasi penggunaan gadget agar tidak merusak kesehatan dan di katakan sebagai pecandu gadget. Kita harus membatasi kegiatan bermain gatdet perharinya guna menjaga kesehatan, karena bermain gadget banyak mengandung hal negatif dari pada sisi positifnya tetapi semua itu kembali lagi dengan bagaimana cara seseorang menggunakan gadget untuk kepentingan yang positif. Sebaiknya kita jangan mengakses jaringan negatif pada gadget yang dapat memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Penulis Adalah Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Pontianak
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

1 comments: