Pengaruh Gadget Terhadap Peserta Didik

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net
Oleh: Rara Angela*

jurnalistiwa.co.id - Di zaman milineal ini teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat besar baik di lingukan masyarakat maupun di lingkungan pendidikan gadget Mengalami perkembang sangat pesat dari awal kemunculannya yang dari awalnya hanya sebatas sebagai alat komunikasi, kini gadget berubah sangat pesat dan seakan-akan menjadi kebutahan manusia yang paling utama. Alat ini terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari.

Walaupun demikian dibalik sisi positif dari adanya gadget namun juga terdapat sisi negatifnya, diantaranya yang pernah saya amati dari dampak negatif gadget tersebut diantaranya pertama resikonya terkena radiasi, kecanduan terutama bagi yang hobi bermain game kecanduan seperti ini menyebabkan mereka kurang berinteraksi sosial di lingkungan masyarakat, dan di lingkungan pendidikan.

Dampak negatif dari penggunaan gadget ialah lambat dalam memahami pelajaran seperti kita ketahui kebanyakan pelajar apabila asiknya dengan gadget mereka akan lupa waktu disaat pada jam pelajaran sedang berlangsung mereka malah sibuk dengan gadget sehingga akibatnya menurunnya prestasi dalam belajar.

Terkadang kebiasaan remaja di zaman milineal ini sering kali menyalahgunakan gadget dengan tidak baik seperti membuka situs-situs yang tidak tidak ada hubungannya dengan pendidikan sebab-sebab tersebut adalah pengaruh yang sangat tidak baik bagi para pelajar.

Adapun dampak fositif dari gadgedt yang pertama, menambah ilmu pengetahuaan maksudnya ia sebagai media untuk mengakses berbagai informasi baik di dalam maupun diluar. Sehingga menambah wawasan dan ilmu pengetahuaan kita.

Oleh karena itu kita bisa mengakses internet untuk berbagai macam seperti hiburan, atau sebagai sarana untuk mencari dan membantu kita dalam mencari tugas-tugas di sekolah,  dan untuk mempermudah  komunikasi juga melalui fitur vidio call dari berbagai aplikasi yang ada saat ini, memperluas jaringan komunikasi seperti media sosial contohnya line, instagram, whatsapp, dan berbagai media sosial lainya.

Jadi perlu kita ketahui bawha peran gedgat jika kita tidak menggunakannya dengan baik peran gadget sangat berdampak di dunia pendidikan, di zaman milenial ini kita sebagai remaja perlu mengetahui bagaimana menggunakan gadged dengan baik dan benar.

Kita harus bisa memilah mana yang berdampak positif dan negatifnya untuk tujuan bersama supaya menjadi generasi milenial yang bisa menggunakan atau memanfaatkan  gadget untuk mengahsilkan karya-karya keindahan yang bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Penulis Adalah Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Pontianak 
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: