Mahasiswa dan Realita di Tengah Masyarakat

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net

Oleh: Safitri*

jurnalistiwa.co.id - Mahasiswa merupakan calon sarjana yang dididik dan diharapkan menjadi penerus bangsa, yang terlibat dalam instansi perguruan tinggi baik Negeri maupun Swasta. Mahasiswa senantiasa meluangkan waktunya untuk berdiskusi tentang persoalan Negara mulai dari persoalan sistematis sampai persoalan realita sosial dan di samping itu ada juga mahasiswa yang sibuk dengan menjalankan bisnis-bisnisnya sampai lupa dengan perannya di masyarakat. Dengan demikian, mari kita berbicara tentang peran dan fungsi dari mahasiswa.

Peran mahasiswa sebagai social control di tengah masyarakat  di saat ada masalah mahasiswa sudah seharusnya memenjadi ujung tombak dalam meghadapi peristiwa yang terjadi dalam birokrasi yang selama ini dianggap menyimpang. Kemudian jika mahasiswa tidak peduli dengan lingkungannya maka, tidak ada lagi harapan untuk kehidupan bangsa nantinya.

Sudah seharusnya mahasiswa menumbuhkan rasa pedulinya terhadap masyarakat. Kepedulian itu tidak hanya diwujudkan dalam bentuk unjuk rasa ataupun turun kejalanan saja, tetapi dengan pemikiran-pemikiran untuk kemajuan masyarakat dan memberikan bantuan moril maupun material kepada mayarakat serta bangsa.

Mahasiswa juga sebagai objek dalam sebuah agen perubahan. Sikap kritis dan cerdas dalam penanganan sebuah masalah dan harus memiliki perubahan besar dan membuat pemimpin yang tidak berkompeten menjadi takut untuk berbuat seenaknya terhadap masyarakat serta ketidakadilan yang telah dilakukan oleh pemimpin bangsa ini.

Selanjutnya mahasiswa memiliki peran penting untuk menjaga nilai nilai masyarakat, menjunjung tinggi kejujuran, keadilan, integritas, kebersamaan, dan sifat yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat .

Apakah peran dan fungsi bermasyarakat telah kita jalankan dengan baik dan penuh amanah? apa yang telah kita berikan untuk masyarakat terutama dilingkungan kita sendiri?
Kita memang sudah terlalu lama terlelap panjang sehingga kita lupa dengan peran dan fungsi kita sebagai mahasiswa, disituasi ini persaingan global semangkin menggebu-gebu bangun lah dan jalankan peran mu untuk menentukan kemana arah bangsa ini akan dibawa.

Mengabdilah karena kita sebagai tombak dari suatu Bangsa, jalani tugas untuk kemajuan dan kedamaikan Negeri ini.

Penulis Adalah Mahasiswa PGMI IAIN Pontianak
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: