Kurangnya Lapangan Pekerjaan dan Pengangguran

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net
Oleh: Irza Nurdzakiah Waadibah*

jurnalistiwa.co.id - Pada zaman sekarang banyak sekali rakyat Indonesia yang tidak memeliki pekerjaan, dari keseluruhan pengangguran di Indonesia adalah mereka yang memiliki gelar sarjana. Kondisi tersebut sanggat menghawatirkan mengingat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan dengan datangnya revolusi industri. Mengharuskan para sarjana yang masih belum memiliki pekerjaan harus bersaing dalam kompotensi dan keahlian tertentu dengan pekerja asing.

Perguruan tinggi merupakan lembaga yang seharusnya dapat mencetak sumberdaya manusia yang unggul dan dapat memberikan kontribusi besar terhadap upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Negara Indonesia menduduki posisi ke empat dalam penduduk terpadat di dunia, banyaknya pendudu dan lapangan pekerjaan yang tidak menjangkau sehingga menyebabkan pengangguran di Indonesia bertambah banyak.

Negara Indonesia adalah salah satu negara berkembang, lowongan pekerja di Indonesia merupakan hal yang sangat langka. Sebab apabila membutuhkan karyawan malah di isi dengan tenaga kerja asing. Sehingga warga Indonesia tidak memiliki kesempatan untuk bekerja di negara sendiri. Sehingga banyak warga Indonesia lebih memilih menjadi TKI maupun TKW di negara lain.

Akibat dari kurangnya lapangan pekerjaan banyak sekali pengangguran di Indonesia yang mana pengangguran tersebut dapat berdampak besar terhadap kriminalitas yang ada di Indonesia. Seperti hal yang sudah terjadi pada umumnya saat ini yakni pembunuhan, penculikan, pemerkosaan, dan tindakan kriminalitas lainnya.

Lapangan pekerjaan sangatlah penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, apabila lapangan pekerjaan memadai angka pengangguran akan berkurang, kesejahteraan masyarakat meningkat serta akan menciptakan kondisi Negara yang lebih baik lagi.

Penulis Adalah Mahasiswa PGMI IAIN Pontianak
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: