Kantin Kejujuran Perlu Diterapkan di Sekolah

Bagikan:
Photo: Istimewa/Net

Oleh: Septian*

jurnalistiwa.co.id - Sekolah merupakan tempat atau sebuah lembaga pendidikan yang mana terjadi sebuah belajar mengajar di sekolah tersebut antara guru dan peserta didik. Di sekolah adalah tempat pembentukan karakter anak didik, karakter itu bisa terbentuk dari segi pembelajaran yang diberikan guru atau pergaulan dengan teman-temannya. Dapat diketahui bersama bahwa lingkungan merupakan salah satu hal mendasar yang dapat mempengaruhi karakter anak. Sekolah dapat membentuk karakter anak baik itu positif maupun negatif, kenapa demikian karna dari sekolahlah anak banyak mendapatkan informasi dan pengalaman.

Karakter positif adalah karakter yang terbentuk dalam diri seseorang karena adanya sebuah pemikiran tentang mana yang baik mana yang buruk, sifat positif atau karakter yang baik pada seseorang sangat diharapkan oleh guru terutama orang tua, contoh karakter positif seperti pada umumnya yaitu taat pada aturan sekolah, sopan, santun, ramah tamah, dan masih banyak lagi sifat positif lainnya. Dalam Agama Islam, Rasulullah adalah suri telatan seperti kita tahu beliau adalah sosok yang jujur, amanah, tanggung jawab, tegas, dan masih banyak lagi tauladan yang dapat kita contoh dan kita ajarkan kepada anak didik di sekolah.

“Menurut Transparrency Internasional atau Badan Antikorupsi Dunia yang bertempat di Berlin Jerman, jumlah korupsi di Idonesia masih berada di angka di angka tinggi yaitu 37. Hal ini menunjukan setiap tahun ada puluhan pejabat yag tidak amanah pada tugas dan tanggung jawabnya sebagai pejabat yang mereka emban” (jessica, 2018) untuk mencegah kasus seperti di atas kita dapat mencegahnya dari sejak dini dengan menerapkan Kantin Kejujuran di sekolah. Kantin Kejujuran adalah kantin yang menjual makanan atau minuman tetapi penjualnya tidak ada, yang ada cuman tulisan motifasi untuk jujur dan tulisan cantuman harga brang yang dijual.

Prakteknya seperti ini, makanan dan minuman itu ditaruh di sebuah tempat seperti lemari kaca contohnya, kemudian ditaruh di tempat tempat tetentu misalnya di samping kantin atau di depan kelas kemudian di sana sudah dituliskan harga dari setiap makanan dan miuman yang tersedia. Serta di sana juga disediakan tempat uangnya, jadi setelah kita mengambil barang yang ada di lemari uangnya bisa langsung di taruh di tempat yang disediakan sesuai harga barang yang diambil, apabila ada kembaliannya, kembaliannya dapat diambil sendiri, disitulah kita akan melatih kejujuran anak-anak sekarang.

Kantin Kejujuran ini bermanfaat untuk melatih anak dalam bersikap jujur agar terbiasa sampai dewasa nanti akan selalu melekat dalam dirinya sifat jujur ini yang mana semua orang terutama orang tua kita  mengharapkan anaknya jujur dalam segala hal, dengan adanya atau menjalankan usaha kantin kejujuran di sekolah setidaknya si pemilik kantin bisa melatih sikap tauladan ini pada anak-anak di sekolah,  mengajar tidak harus menjadi guru dulu baru dapat mengajar tidak seorang ibu kantinpun bisa mengajar asalkan kreatif.

Penulis Adalah Mahasiswa PGMI IAI Pontianak
Bagikan:

ARTIKEL

OPINI

Komentar:

0 comments: