Lapak Mengaji; Upaya Membumikan Al-Qur’an di Tanah Pontianak

Bagikan:
lapak mengaji


Ungkapan “Membumikan Al-Qur’an” mengandung makna bahwa Al-Qur’an itu masih “melangit”, sehingga perlu diturunkan ke bumi. Ungkapan tarsebut memberikan arti bahwa betapa jauhnya Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, istilah “Membumikan Al-Qur’an” mengandung pengertian adanya upaya untuk mendekatkan Al-Qur’an yang semula jauh dari kehidupan.

Pontianak merupakan kota metropolitan yang sebagian masyarakatnya disibukkan oleh aktifitas ataupun pekerjaan yang dengannya mereka menghidupi keluarga. Karena itu, sebagian mereka merasa sulit menemukan waktu kosong untuk menyempatkan diri membaca Al-Qur’an.

Dengan kondisi yang demikian, maka diperlukan upaya konkrit berupa aktifitas yang dapat mengingatkan kembali masyarakat Pontianak kepada Al-Qur’an. Dari itu, Lapak Mengaji merupakan salah satu upaya untuk membumikan Al-Qur’an di tanah Pontianak.

Lapak Mengaji adalah salah satu komunitas baru dan pertama di Pontianak, yang terinspirasi dari Lapak Mengaji di Solo Jawa Tengah dan Singkawang. Komunitas ini diprakarsai oleh Mustofa, salah seorang yang menginginkan adanya wadah untuk orang-orang yang ingin belajar dan memperdalami Al-Qur’an pada waktu kosong di sela-sela kegiatan CFD (Car Free Day) Pontianak.

Sebelum komunitas ini terbentuk, Mustofa selaku founder Lapak Mengaji, terlebih dahulu membuat grup Whatsapp dan mengajak teman-temannya untuk ikut bergabung menjadi bagian dari komunitas tersebut. Selain itu, dia juga membagikan link grup ke orang lain supaya ikut juga bergabung di dalamnya. Tepat pada hari sabtu tanggal 14 Februari 2019, dibentuklah kepengurusan kemudian diresmikan namanya menjadi Lapak Mengaji CFD Pontianak.

Komunitas Lapak mengaji buka setiap hari Minggu pagi dari jam 6 sampai jam 8 dan bertempat di samping trotoar depan masjid Raya Mujahidin. Isi kegiatan di Lapak Mengaji ini adalah proses belajar mengajar tentang bacaan Al-Quran, atau biasa disebut dengan istilah 'Tahsin Qur'an'.

Selain itu, Komunitas ini juga menerima setoran hafalan Qur'an, karena ada beberapa pengajar yang sudah hafal Al-Quran. Di sisi lain, komunitas ini juga menerima jasa bimbingan privat di rumah masing-masing peserta.

Penulis : Albi Rosadi Romdhoni
Editor : Yusuf An-nasir
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments: