Aksi Pontianak Bersih Pilih Lokasi di Waterfront

Bagikan:
Pamflet Aksi Pontianak Bersih World CleanUp Day (WCD)/Istimewa
Pontianak, Jurnalistiwa.co.id- World Clean Up Day (WCD) bersama Pemerintah Kota Pontianak melakukan aksi bersih-bersih pada Sabtu, (21/09/2019) di Waterfront Pontianak mulai pukul 06.30 WIB.

Peraturan Presiden No. 97/2017 adalah peta menuju Indonesia Bersih Sampah 2025. Peraturan Presiden ini lebih seperti tatanan formal yang perlu dipenuhi dan dipatuhi oleh setiap daerah yang ada. Setiap daerah di Indonesia diharapkan dapat membuat rencana kerja mereka sendiri untuk mencapai misi dari Indonesia Bersih Sampah 2025.

Dengan makin meningkatnya penggunaan plastik dari tahun ke tahun di berbagai negara, serta maraknya pembuangan sambah sembarangan oleh semua kalangan, maka perlu kepedulian kita sebagai pribadi dan masyarakat dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa.

Mas Ariandi Kurniawan, Co Leader mengatakan bahwa kegiatan ini untuk membersihkan sungai yang ada di waterfront sebagai salah satu tempat yang dijadikan untuk melakukan kegiatan World Clean Up Day 2019 di Kota Pontianak karena Waterfront merupakan tempat rekreasi bagi masyarakat.

" Waterfront Kota Pontianak merupakan sebuah tempat yang akan dijadikan sebagai kegiatan WCD tahun ini, Waterfront yang merupakan tempat rekreasi masyarakat Kota Pontianak harus bebas dari sampah" ujarnya

Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan permasalahan sampah. Untuk itu diharapkan peran serta dan semangat kerjasama dari seluruh komponen masyarakat. Harapannya permasalahan sampah dapat diselesaikan dan tidak ada lagi masalah yang timbul karena sampah. Sebagai jawaban dari permasalahan tersebut, World Clean Up Day (WCD) bersama Pemerintah berusaha mewujudkan harapan Indonesia Bersih Sampah 2025. 

WCD adalah aksi bersih-bersih terbesar di dunia yang dilakukan serentak di 158 negara. WCD dinaungi oleh Let’s Do It World, sebuah gerakan di Estonia yang didirikan bersama oleh para pendiri yang berasal dari Asia (termasuk Indonesia), Amerika, Eropa, Afrika dan Osenia dengan tujuan untuk membebaskan planet dari permasalahan sampah sejak tahun 2014. Aksi ini pernah diadakan pada tahun 2017 dan 2018 di Taman Alun-Alun Kapuas, Pontianak. Kembali di tahun 2019 ini.

Selain Kota Pontianak, beberapa Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat juga melakukan aksi bersih-bersih di waktu yang bersamaan pada lokasi yang berbeda seperti Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sintang dengan melibatkan Pemerintah, organisasi/komunitas serta banyak pihak yang mendukung terwujudnya sinergi untuk mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2025.

Ayo ikut bersihkan sungai dari sampah, hidup sehat tanpa sampah.

Penulis: Sopian Lubis
Editor: Lukman Hakim Ali


Bagikan:

PONTIANAK

Komentar:

0 comments: