Landak Bebas Sampah, World Cleanup Day Indonesia

Bagikan:
Landak, jurnalistiwa.co.id - 25 Komunitas Pemuda dan Komunitas Pecinta Alam Landak yang tergabung dalam World Cleanup Day Indonesia Kabupaten Landak (WCDIL) akan melakukan gerakan pungut sampah dan pembagian masker di beberapa titik di Kabupaten Landak diantaranya Taman Baca Landak, Taman Kota Intan dan Pasir bawah Jembatan Landak, pada Minggu (22/9/2019) mendatang. kegiatan tersebut di laksanakan dalam rangka memperingati World CleanUp Day 2019 yang di laksanakan serentak di 175 Negara. 

Menurut koordinator Lapangan World Cleanup Day Kabupaten Landak dan juga ketua Pendaki Landak  Ya' Hari Purwadi, S.Pd World Cleanup Day menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran manusia terhadap sampah plastik. Sebab, menjaga kebersihan sampah bukan hanya menjadi tanggungjawab dinas terkait, tetapi merupakan tanggung jawab bersama.

"Melalui gerakan ini kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dapat ditingkatkan," katanya.

Dia menjelaskan sampah plastik masih menjadi isu kritis di dunia. Indonesia sendiri menjadi negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China.

"Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami mengadakan aksi pungut sampah dan pembagian masker. Misi kita adalah untuk menyelamatkan bumi dari sampah plastik serta ikut perhatin melihat bencana kabut asap yang melanda," tuturnya.



Handri selaku ketua panitia World Cleanup Day 2019 Kabupaten Landak mengatakan berbagai rangkaian acara terus dilakukan sebagai wujud nyata untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya adalah dengan mengadakan aksi pungut sampah di beberapa tempat. 

"Aksi pungut sampah dimulai dari Taman Baca Landak menuju Taman Kota Intan kemudian lanjut menuju Pasir bawah Jembatan Landak, setiap ada sampah plastik di kawasan itu akan diambil kemudian dimasukkan ke kantung sampah. Kami mengajak seluruh kalangan masyarakat Landak untuk tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya.


Penulis: Rilis
Editor  : Sukardi
Bagikan:

LANDAK

Komentar:

0 comments: