KOMSAT PMII IAIN Pontianak Kembali Gelar Sharing Time

Bagikan:

Foto Bersama Setelah Sharing Time/Rifandi

Pontianak, jurnalistiwa.co.id - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat IAIN Pontianak Cabang Kota Pontianak Kembali menggelar  Sharing Time dengan mengangkat tema ‘Kenapa Kita Harus Menulis’ yang dilaksanakan pada Rabu (11/09/19)

Sharing Time kali ini menghadirkan empat pemateri yaitu Khairussalam (penulis Buku Catatan Perjalanan Sebuah Refleksi Atas Diri), Uswatun Hasanah (Penulis Novel Amora),Sri Hartini (Penulis Buku Pemimpi Dari PulauKecil) dan Yusuf An-Nasir, Penulis Blog CHS2 (Catatan Hati Sang Santri) yang bertempat di Aula Ma’had IAIN Pontianak.

Dalam penyampaiannya, Sri Hartini menyatakan bahwa untuk memulai menulis harus menemukan fashion terlebih dahulu “Sebagai awal dalam memulai menulis, kita harus berusaha menemukan fashion menulis kita terlebih dahulu, hal tersebut sangat menentukan bagi kita akan seperti apa model dari tulisan kita, novelkah, puisi kah atau yang lainnya,” jelasnya

Ia juga menyampaikan dalam pencarian fashion tentunya harus banyak membaca karya orang lain. Agar bisa mempelajari fashion dalam menulis dan berhasil menemukan fashion kita sendiri dan berusaha sebisa mungkin untuk menulis hal hal yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Ia juga memberi motivasi kepada peserta diskusi dengan menceritakan perjalanan dirinya bisa keluar negeri hanya dengan melalui tulisannya.

Sementara Yusuf An Nasir mengingatkan tentang pernyataan imam Ghazali yang mengatakan 'jika kamu bukan anak raja, bukan anak ulama, maka menulislah’ dan ia juga menyampaikan bahwa dengan menulis bisa membuat abadi.

“Menulis itu mudah yang susah adalah memulainya, untuk bisa menulis kita harus minimal punya 2 hal, pertama Inspirasi yang bisa kita dapatkan dimana saja termasuk juga di kamar mandi, kedua Faktor K dan N yaitu Kesempatan dan Niat, namun yang paling penting adalah faktor N karena jika kesempatan ada tapi Niat tak ada maka tidak bisa namun jika Niat ada maka kesempatan bisa dibuat,” ungkapnya panjang lebar. (R/YSF)
Bagikan:

BERITA

PONTIANAK

Komentar:

0 comments: