ARTI MERDEKA

Bagikan:
NET
Oleh : Lucy Stepani

Sekarang Negara Indonesia  telah berusia 74 Tahun. Kemerdekaan  yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan dengan darah yang mereka tumpahkan dan nyawa yang telah mereka korbankan demi menjunjung tanah air Indonesia. Kemerdekaan yang mengandung arti sebuah kebebasan bagi semua orang.  Arti bebas bisa dikatakan bebas  dari masalah-masalah yang ada di kehidupan mereka.

Tapi menurut saya kemerdekaan adalah terlepasnya bangsa Indonesia dari penjajahan Bangsa Asing (Belanda dan Jepang) dalam bentuk berbagai agresinya baik militer, politik, social dan budaya. Sejak  Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945, bangsa kita sudah terlepas dari tuntutan dan tidak terikat dengan Bangsa Asing lagi.

Dalam hati saya yang paling dalam makna merdeka selalu saya rasakan di dalam kehidupan saya, bebas dari kesusahan dan penderitaan yang selalu saya hadapi, menghadapi masalah yang ada saat ini tapi saya selalu berusaha menghadapinya dengan bijak agar terselesaikan dengan baik.

Disaat seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan tidak bergantung pada orang lain lagi di situlah sisi kemerdekaan tercapai bagi kehidupan diri sendiri ,merdeka berani mengemukakan pendapat di depan publik.

Karena negara kita masih disebut dengan negara berkembang, negara yang demokratis maka rakyat harus berfikir kritis untuk menghadapi masalah-masalah yang ada di sekitar mereka. Karena saya selalu percaya tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan selagi kita bisa mengahadapi masalah tersebut dengan lapang dada. Semoga kita semua bisa merdeka secara fisik dan batin kita. 

Salam Merdeka Dirgahayu RI.


Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close