Mahasiswa Profesi Ners Untan Deklarasi Stop BAB Sembarangan

Bagikan:
Foto: Istimewa/Pemukulas Gong Peresmian Komitmen

Kubu Raya, Jurnalistiwa.co.id-  Mahasiswa Profesi Ners Universitas Tanjungpura adakan program Penggalangan Komitmen Desa Punggur Kapuas Menuju Deklarasi Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan yang diselenggarakan di Desa Punggur Kapuas, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kamis (30/5/2019).

Ketua Panitia, Widiyanto menjelaskan Deklarasi Stop BAB Sembarangan ini dilatarbelakangi prilaku masyarakat Punggur Kapuas yang gemar BAB sembarangan dari hasil observasi MahasiswaProfesi Ners Untan mendapatkan data ada sekitar 30% hingga 40% masyarakat yang tidak mempunyai jamban sehat.

“Setelah keliling-keliling Desa Punggur Kapuas ternyata ada sekitar 30% hingga 40% masyarakat yang tidak mempunyai jamban sehat dan ini adalah penyebab masyarakat gemar BAB sembarangan dan ini merupakan prilaku biasa di masyarakat Punggur Kapuas,” ujarya.

Widiyanto menambahkan penyebab utama yang menjadi alasan  masyarakat BAB sembarangan ialah tidak adanya jamban yang standar  atau jamban sehat sehingga masyarakat BAB di parit, sungai dan membuat lubang lalu ditutupi rerumputan.

“Penyebab utama yang menjadi alasan  masyarakat BAB sembarangan karena masyaraat tidak punyajamban yang standar  atau jamban yang sehat sehingga masyarakat BAB langsung parit, sungai dan membuat lubang lalu ditutupi rerumputan dan apalagi yang rumahnya di tepian sungai mereka langsung membuat lubang yang terus ke sungai tanpa penggunaan spiteng,” tambahnya.

Penandatanganan Komitmen Desa Punggur Kapuas Menuju Deklarasi Stop BAB Sembarangan yang sudah disepakati bersama ditanda tangani oleh Kepala desa dan perwakilan masyarakat.

Penulis: Sopian Lubis
Editor: Sukardi 

Bagikan:

BERITA

KUBU RAYA

Komentar:

0 comments:

close