Mahasiswa/I Profesi Ners Angkatan 6 UNTAN Gelar Pembentukan Forum Remaja Dakwah Kesehatan (REDAKES)

Bagikan:
Foto: Istimewa/Pembukaan kegiatan pembentukan Forum Remaja Dakwah Kesehatan


Kubu Raya, Jurnalistiwa.co.id- Pembentukan dan pengesahan Forum Remaja Dakwah Kesehatan merupakan satu diantara rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa/i Profesi Ners angkatan 6 Universitas Tanjungpura Pontianak, pada Senin (29/04/2019).

Sebagai bagian dari pelaksanaan praktik komprehensif Keperawatan Komunitas, dengan melibatkan para remaja di daerah Punggur Kapuas. Pelaksanaan dilakukan di SMP N 13 Sungai Kakap Punggur Kapuas mulai pukul 08.00 WIB - Selesai.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai salah satu program untuk membentuk kader kesehatan muda kalangan remaja dengan cara memperkenalkan pencegahan dan masalah kesehatan yang sering terjadi dikalangan muda serta masyarakat untuk mengurangi masalah kesehatan yang terjadi di daerah desa Punggur Kapuas.

Kegiatan diawali dengan registrasi para remaja dan tamu mulai 07.40 hingga pukul 08.00. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC mahasiswi Profesi Ners Untan oleh Suci Wahyuni.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilakukan oleh seluruh tamu undangan dan peserta. Dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua stase komunitas Profesi Ners Untan yaitu Widiyanto serta koordinator stase komunitas dan gerontik Profesi Ners Untan yaitu Ns. Djoko Priyono., M. Kep, kemudian penyampaian kata sambutan sekaligus pembukaan dari bapak Fortunius Darno selaku Kepala Desa Punggur Kapuas.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, Kemudian masuk dalam acara inti yaitu, penyuluhan kesehatan dengan tema “ Kesehatan Reproduksi Remaja” serta penjelasan tentang Forum Remaja Dakwah Kesehatan yang di sampaikan oleh Hj. Normawati, S. Tr. Keb selaku Koordinator Remaja.
Setelah mendengarkan penyuluhan dan penjelasan dari Koordinator Remaja, acara dilanjutkan dengan Musyawarah untuk pemilihan struktur Forum REDAKES Desa Punggur Kapuas, dengan rangkaian acara diawali pemilihan ketua Forum dengan 4 orang kandidat calon ketua beserta anggota pengurus lainnya yang berjumlah 17 orang yang dipilih berdasarkan kesepakatan seluruh peserta. Kemudian pengurus Forum REDAKES disahkan oleh ketua stase komunitas, ketua koordinator stase komunitas, koordinator remaja, kepala sekolah SMP N 13 Sungai Kakap dan kepala Puskesmas Punggur.

Acara selanjutnya  penyuluhan kesehatan bertema “ Imunisasi dalam Upaya Eliminasi Tetanus”, oleh Safitri Wulandari Amd. Keb. Kemudian panitia melakuaan tanya jawab kepada para peserta serta pemberian reward kepada peserta yang mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.

Pembentukan forum REDAKES ini adalah salah satu forum tempat menampung semua aspirasi dan kegiatan para remaja terutama di daerah Punggur Kapuas, forum ini ada 3 tempat yaitu di Punggur Besar, Punggur Kecil dan Punggur Kapuas, dan kali ini pembentukannya di punggur Kapuas.

Koordinator Remaja selaku kader Puskesmas wilayah Punggur, Safitri Wulandari Amd. Keb mengatakan kegiatan ini berjalan dengan baik,serta  satu tujuan dari semuanya adalah memberikan yang terbaik buat masyarakat terutama dibidang kesehatan.

 kata sambutan Hj. Normawati, S. Tr. Keb, Koordinator Remaja


“Alhamdulilah berjalan dengan baik berkat kerjasama dari mahasiswa Profesi Ners Untan angkatan 6, kerjasama yang baik meskipun ada beberapa kendala dalam persiapan, namun satu tujuan dari semuanya adalah memberikan yang terbaik buat masyarakat terutama dibidang kesehatan. forum ini sangat efektif sekali untuk menampumg aspirasi dan menjadi wadah kegiatan remaja untuk melakukan hal-hal yang positif sehingga dapat mempersiapkan remaja ini menjadi remaja yang sehat, cerdas dan berakhak mulia”. Katanya.

Koordinator Remaja selaku kader Puskesmas wilayah Punggur, Safitri Wulandari Amd. Keb berharap dari forum tersebut remaja di wilayah punggur besar dapat mengetahui tentang kesehatan sehingga  para remaja dapat mengatasi dan mengatisipasi masalah kesehatan yang mereka alami, sehingga mereka memiliki mental dan komunikasi yang baik.

“Dengan forum ini diharapkan remaja mempunyai pengetahuan di bidang kesehatan, terutama pada masalah kesehatan remaja, kemudian para remaja dapat mengatasi dan mengatisifasi masalah kesehatan yang mereka alami di masanya, sehingga mereka dapat memiliki mental yang baik, komunikasi dengan baik, dan dapat membicarakan suatu masalah dengan baik serta mampu bersosialisasi dengan baik dimasyarakat, agar dapat terbentuk karakter yang baik, lahirlah manusia-manusia dewasa setelah mereka mengalami masa remaja, menjadi remaja dewasa yang baik berkarakter dan berguna buat semua orang”
harapnya.

Sebagai Kepala Desa Punggur Kapuas, Fortunius Darno mengatakan sangat mengapresiasi kepada mahasiswa Profesi Ners Untan angkatan 6 yang telah ambil bagian dalam pembentukan forum REDAKES ini.

“ Forum yang telah dibentuk dan disahkan ini sangat baik dan bagus karena dapat melibatkan anak-anak muda tentang apa yang belum mereka pahami dan belum diketahui khususnya lebih kepada kasus yang tengah marak terjadi di kalangan anak muda yaitu pengaruh narkoba dan pergaulan bebas dan hal yang negatife lainnuya yang menurut mereka masih sangat-sangat awam, jadi forum ini dapat memberikan mereka pengetahuan tentang apa yang tidak mereka ketahui tentang masalah-masalah tersebut, sehingga forum ini juga dapat membuat mereka dapat hidup bermasyarakat sehingga kedepannya hal ini tidak hanya untuk kita, namun untuk anak-anak muda kedepannya. Selain itu dapat menambah pengetahuan mereka tentang masalah kesehatan” katanya.

Ketua Koordinator Stase Komunitas Profesi Ners angkatan 6,  Ns. Faisal Kholid Fahdi, M. Kep dengan terbentuknya  forum REDAKES ini, para remaja dapat mengetahui dan menggali tentang masalah kesehatan

“Merupakan wadah untuk para kalangan muda dapat mengetahui dan menggali tentang masalah kesehatan, yang dimana seluruh mahasiswa Profesi Ners Untan angkatan 6 sebagai fasilitator untuk nantinya ditindak lanjuti oleh pihak Puskesmas dan Puskesmas yang memegang peranan penting dalam menindak lanjuti kegiatan yang ada pada forum REDAKES ini. Kita sebagai fasilitator dapat menyampaikan pesan kepada kalangan muda bagaimana mengetahui Sexs edukasi yang baik, menjauhi penyalahgunaan pengguanaan obat dan Narkoba merupakan hal prioritas terbentuknya forum REDAKES”, ujar ketua Koordinator Stase Komunitas Profesi Ners angkatan 6, Ns. Faisal Kholid Fahdi, M. Kep.

Foto bersama


Ketua stase komunitas Profesi Ners Untan angkatan 6, Widiyanto, S. Kep mengatakan REDAKES bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada kalangan remaja Desa Pnggur Kapuas di bidang kesehatan.

“Pembentukan forum REDAKES ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada remaja-remaja di Desa Punggur Kapuas sebagai forum yang baru dalam bidang kesehatan, dimana didalamnya terdapat elemen-elemen kesehatan serta program kesehatan remaja tentang masalah kesehatan yang terjadi dikalangan remaja. Harapannya khusunya untuk forum ini agar tetap berjalan dan sesuai dengan target diawal pembentukan, serta tetap terwujud hubungan yang terbina antara Puskesmas dan bidang terkait kesehatan lainnya”. ujar Ketua stase komunitas Profesi Ners Untan angkatan 6, Widiyanto, S. Kep

Secara keseluruhan acara berlangsung lancar dan diikuti cukup antusias oleh  peserta dan tamu undangan  Kepala Desa Punggur Kapuas, Kepala Sekolah SMP N 13 Sungai Kakap Desa Punggur Kapuas, Ketua Forum dari Pemuda Melayu dan Pemuda Dayak, Ketua Karang Taruna, Siswa/i SMP N 13 Sungai Kakap, serta remaja-remaja yang berdomisili di daerah Punggur Kapuas, kemudian para kader-kader Puskesmas daerah Punggur juga ikut hadir ambil bagian dalam seluruh rangkaian acara yang telah dilakukan.

(R/SL)



Bagikan:

KUBU RAYA

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments: