Lihat Iklan

Ikut Pelatihan di Luar Negeri, Guru Asal Pontianak Ini Tulis 3 Buku

Bagikan:
Mahrani (kemeja biru) foto bersama Sesdirjen GTK Kemdikbud RI, Kepala PPPPTK Matematika Yogyakarta dan Kepala LPPKS Solo/ Foto: Istimewa
Pontianak, jurnalistiwa.co.id - Menjadi bagian dari 1000 peserta pada Short Course yang dikirim ke 12 negara bagi Mahrani bukanlah sekadar menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan keterampilan dalam mengajar, namun lebih dari itu. Guru SDN 27 Pontianak Utara ini justru membukukannya menjadi 3 buku sekaligus. 

"Alhamdulillah bisa nulis 3 buku," jawabnya singkat saat pelaksanaan post departure di PPPPTK Matematika Jogjakarta. 

Ditanya mengenai alasannya menulis buku disela padatnya jadwal pelatihan yang dilaksanakan di SEAMEO RECSAM Penang-Malaysia ini, Mahrani menjawab sederhana. Ia berpendapat bahwa sayang ilmu yang diperoleh hanya sebatas untuk dirinya saja, melainkan harus disebar pada guru-guru lainnya dan menjadi kenangan hingga anak cucunya.

"Sayang jika ilmu yang diperoleh hanya untuk diri sendiri, lebih baik kita sebarkan secara masif melalui buku yang dapat dibaca kapan saja. Buku juga dapat dijadikan kenangan untuk anak cucu nanti," ujarnya.

3 buku yang ditulisnya meliputi catatan hariannya selama mengikuti pelatihan, STEM di Sekolah Dasar, dan Matematika Kreatif. 

"Ada tiga judul buku kali ini. Pertama, Terima Kasih Indonesia, buku ini merupakan catatan harian saya sebagai guru muda selama mengikuti pelatihan. Kedua, STEM Teori dan Aplikasinya di Sekolah Dasar, buku ini merupakan pengembangan STEM Education sesuai dengan kultur dan kurikulum di Indonesia. Buku ketiga, Matematika Kreatif yang memuat teori dan contoh cara kreatif dalam mengajar matematika," paparnya.

Soft Launching ketiga buku ini dilakukan di PPPPTK Matematika Yogjakarta oleh Sesdirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta Kepala PPPPTK Matematika Yogyakarta pada tanggal 1 April 2019 dalam acara penutupan post departure short course.

Dalam sambutannya, Kepala PPPPTK Matematika sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Mahrani, harapannya buku yang ditulis itu dapat membantu guru-guru dalam mengaplikasikan STEM maupun pembelajaran matematika kreatif di sekolah dasar.

(Adi)
Bagikan:

PENDIDIKAN

PONTIANAK

Komentar:

0 comments:

close