Cari Disini



STAI Al-Haudl Ketapang Gelar Kuliah Umum Hadirkan Prof M Ikhsan Tanggok

Bagikan:
Drs H M Mansyur bersama Prof M Ikhsan Tanggok/Foto: Remin Nuryadin


Ketapang, jurnalistiwa.co.id - Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Haudl Ketapang menyelenggarakan Kuliah Umum di Auditorium STAI Al-Haudl Ketapang pada Rabu, (27/3/2019) Siang.

Kegiatan yang mengangkat tema "Peran Akademisi Dalam Menangkal Hoax dan Ujaran Kebencian, Demi Mengeratkan Persaudaraan dan Persatuan" itu dihadiri oleh Narasumber ternama yaitu Prof. Dr. M. Ikhsan Tanggok, Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kagiatan tersebut dihadiri oleh pimpinan STAI Al-Haudl Ketapang, Pembantu Ketua, Ketua dan Sekretaris Jurusan Tarbiyah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu, Dosen, Pegawai, dan seluruh mahasiswa STAI Al-Haudl Ketapang.

M. Ikhsan Tanggok menyampaikan bahwa tema ini sengaja diangkat sebagai bentuk perlawanan kaum akademisi dalam menangkal berita hoax yang mulai beredar dengan sangat hebat dan tak terkendali. Lebih lagi ujaran kebencian yang semakin marak terjadi, bahkan tak tanggung-tanggung akibat dari ujaran kebencian itu banyak oknum masyarakat bahkan pejabat pun terseret ke meja hijau dan berakhir di jeruji besi.

"Peran akademisi dan Perguruan Tinggi dituntut untuk harus mampu menjadi ujung tombak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar, terkhusus kepada seluruh mahasiswa STAI Al-Haudl Ketapang untuk lebih berhati-hati dalam menyaring segala informasi yang didapat, baik itu secara langsung maupun maraknya informasi yang beredar luas di media sosial," ujar Prof M Ikhsan Tanggok.

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu juga berpesan kepada mahasiswa agar mampu menyaring seluruh informasi sebelum dibagikan kepada masyarakat secara luas.

"Agar persaudaraan dan persatuan kita terjalin dengan baik. Sebab, jika hubungan persaudaraan dan persatuan ini terpecah dan tak harmonis lagi antar sesama maka akan berakibat pada kebhinekaan yang selama ini kita jaga dengan baik," tuturnya.

Kuliah umum ini secara resmi dibuka langsung oleh Ketua STAI Al-Haudl Ketapang Drs. H. M. Mansyur, M.Si dan diakhiri dengan penyerahan piagam perhargaan oleh Ketua STAI Al-Haudl Ketapang kepada Prof. Dr. M. Ikhsan Tanggok.

"Kegiatan ini tentu kami civitas akademika STAI Al-Haudl Ketapang menyambut dengan baik serta berharap agar mahasiswa STAI Al-Haudl Ketapang dapat menjadi garda terdepan dalam menangkal berita-berita hoax dan dapat mengedukasi masyarakat kabupaten Ketapang khususnya keluarga di rumah agar tidak termakan oleh berita bohong yang dapat memecah belah hubungan silaturahmi antar individu, teman bahkan keluarga," ujar Ketua STAI Al-Haudl Ketapang H. M. Mansyur yang juga mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang itu.


(Humas STAI Al-Haudl Ketapang/Sukardi)

Bagikan:

KETAPANG

Komentar:

0 comments: