Cari Disini



Wajib Tahu! Ini 10 Destinasi Wisata Populer di Pusat Kota Ketapang

Bagikan:
JURNALISTIWA.CO.ID - Kabupaten Ketapang terletak di bagian selatan Kalimantan Barat. Daerah ini memiliki banyak tempat destinasi wisata yang bisa dijangkau dalam waktu yang singkat berupa wisata bahari, wisata sejarah, wisata seni budaya, wisata religi serta ekowisata.
Berikut  10 Destinasi Wisata di Ketapang yang bisa kamu jadikan pilihan untuk akhir pekanmu.

Hutan Teluk Akar Bergantung/Net
Hutan ini terletak sekitar 3 km dari pusat kota Ketapang, tepatnya di jalan Lingkar Kota desa Sukaharja atau Dalong Kecamataan Delta Pawan. Hutan Kota ini dihadirkan dengan tujuan untuk menciptakan iklim mikro dan peresapan air serta fungsi ekologis lainnya.

Hutan ini tergolong masih apik, karena masih banyak terdapat spesies flora dan fauna yang bisa kamu temui secara langsung. Di ujung jalanan yang panjang atau jembatan yang terbuat dari kayu, kamu bisa menemukan sungai yang juga merupakan aliran dari Sungai Pawan. Selain sebagai tempat outbound, hutan ini juga sering kali dijadikan tempat foto prewedding.

Pantai Air Mata Permai/Net
Lokasi tempat ini di Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, sekitar 10 Kilometer dari pusat kota Ketapang. Pantai yang berpasir putih dan berlumpur ini menjadi tempat penangkaran 27 jenis burung spesies endemik dan telah menjadi taman wisata pengamatan burung (Bird Watching).

Selain itu, vegetasi hutan bakau masih cukup terpelihara dan mendominasi kawasan ini. Pada bulan tertentu, kamu juga bisa langsung melihat ritual adat “Bekaluk” yang merupakan adat dan kebudayaan yang khas dari warga asli daerah ini.

Keraton Matan Tanjungpura/Net
Keraton dan kerajaan tertua di Kalimantan Barat ini terletak di desa Mulia Kerta , Kecamatan Benua Kayong dan berada sekitar 4 km dari pusat kota Ketapang. 

Di keraton ini kamu dapat melihat peninggalan kerajaan masa lalu yang telah berumur ratusan tahun, seperti Meriam Padam Pelita yang konon menurut cerita dibuat oleh makhluk halus.

Selain itu, di seberang jalan keraton kamu juga bisa langsung ke taman dan sungai pawan yang juga merupakan ikon kota ini.

Pantai Tanjung Belandang/Net
Destinasi wisata ini berjarak 12 km dari pusat kota Ketapang tepatnya di desa Sungai Awan Kiri Kecamatan Muara Pawan Ketapang. Di tempat ini bisa menjadi pilihanmu untuk kegiatan camping dan kegiatan kepramukaan.

Selain itu, pada bulan-bulan tertentu kamu juga bisa menonton kejuaran motor Grasstrack, volley pantai. Serta setiap bulan agustus  yang bertepatan di hari kemerdekaan Indonesia diadakan pesta air semacam hiburan rakyat.

Pantai Pecal/Net
Pantai Kinjil Pesisir atau yang biasa disebut sebagai Pantai Pecal ini terletak di Kecamatan Benua Kayong yang bisa ditempuh selama 15 menit dari pusat kota Ketapang. Uniknya dari Pantai ini adalah dimana di sepanjang pesisir pantai kamu akan menemukan pondok-pondok kecil tempat orang berjualan “Pecal”.

Karena tempat ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau, setiap harinya pantai ini dipadati oleh warga yang hendak mencicipi makanan bersauskan kacang itu ataupun hanya sekedar menikmati matahari terbenam dan angin pantai.

Rumah Adat Melayu/Net
Selain pantai, keraton dan hutan kota, di pusat kota Ketapang juga ada Rumah Adat Melayu yang berdiri di atas tanah seluas 2 hektar. Tujuan didirikannya Rumah Adat Melayu ini adalah untuk melestarikan nilai-nilai adat budaya Melayu Ketapang dan memberikan pengetahuan kepada generasi muda.

Rumah yang didominasi warna kuning ini selain tempat untuk mengenal sejarah, tempat ini juga menjadi tempat anak muda menyalurkan hobi fotografinya karena di sekitar rumah adat banyak tumbuh ilalang dan juga posisi rumah adatnya juga berhadapan dengan sungai yang biasa dijadikan warga untuk memancing.

Pantai Tanjung Bawang/Net
Pantai ini bisa dijangkau dalam waktu sekitar 15 hingga 20 menit yang terletak di Kelurahan Muara Kandang Kerbau, Desa Suka Bangun Dalam. Pemandangan yang indah  dan hilir mudik nelayan menjadi alasan mengapa kamu harus kesini.

Tempat ini baru diketahui masyarakat pada Mei 2018, sehingga masih sangat apik sekali. Kamu juga bisa menikmati indahnya sore dengan duduk di pondok-pondok kecil yang telah disediakan.

Villa Kuning/Net
Villa kuning adalah Sebuah rumah dengan tampilan yang sangat eksotis bercorak kebudayaan melayu berwarna kuning dengan ornamen bernuansa modernisasian. Tempat ini hanya sekitar 15 menit dan tidak jauh dari Pantai Pecal. Kamu bisa menikmati fasilitas yang disediakan dengan membayar dua puluh ribu.

Adapun fasilitas yang disediakaan adalah bebek engkol, dan tempat berfoto yang dikhiasi layaknya taman.

Jembatan Pawan Lima/Net
Jembatan Pawan Lima adalah salah satu jembatan tertinggi di kota Ketapang. Dengan corak kuningnya, tempat ini bukan hanya menjadi tempat penyeberangan tapi juga sebagai tempat destinasi wisata.Jembatan ini berada di kecamatan Mulia Baru dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

Bagi kamu yang menyukai ketenangan, bisa berkunjung di pagi hari untuk menikmati matahari terbit dan aliran sungai pawan yang turut memantulkan sinar matahari.

Namun apabila ingin mendapati keramaian, maka datanglah pada sore hari. Karena pada sore hari, warga Ketapang ramai berkunjung untuk menikmati matahari terbenam serta menikmati jajanan. Jajanan itu bisa didapatkan di sepanjang turunan jembatan.

Masjid Agung Al-Ikhlas/Net
Masjid ini merupakan ikon wisata religi di Kota Ketapang. Pengunjung tidak hanya datang untuk beribadah tapi juga bersantai serta melihat keindahan dan kemegahan masjid ini. Ornamen pada bangunan adalah perpaduan antara motif Melayu, Turki dan Timur Tengah.

Desain interior yang bergaya negeri 1001 malam dan tata lampu warna-warni yang apik disebut-sebut sebagai masjid yang memiliki interior terindah di Indonesia.

Satu hal yang unik dari masjid ini adalah bangunan asli atau lama masih dipertahankan atau tidak dirobohkan. Letaknya berada di samping masjid. Sehingga tidak menghilangkan unsur sejarahnya.

Bagikan:

KALBAR

KETAPANG

WISATA

Komentar:

0 comments: