Tiga Kebaikan Saat Rajin Salat Tahajud

Bagikan:
Ilustrasi/Net

Oleh: Elisa Nurlia Ramadhani

Salat tahajud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Abu Hurairah pernah bertanya kepada Rasulullah SAW. tentang salat apa yang paling utama setelah salat lima waktu. Rasul menjawab "Salat di tengah malam atau tahajud".

Salat tahajud adalah sarana meraih keridhaan Allah, suatu amalan yang dicintai para malaikat dan para nabi. Ibadah ini dapat memancarkan cahaya pengetahuan, memperkuat dasar keimanan dan menyehatkan tubuh. Selain memiliki keutamaan, salat tahajud ternyata memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit-penyakit medis.

Berikut penyakit-penyakit yang bisa sembuh dengan salat tahajud:

1. Menghancurkan Lemak

Drs. KH. Ibnu Hajar dalam bukunya “Kiat Sehat Alami Tanpa Obat” menjelaskan bahwa salat Tahajud dapat mencegah terhadap kebekuan lemak tubuh. Menurutnya bahwa cuaca pada malam hari biasanya dingin atau lembab, banyak lemak jenuh yang melapisi syaraf kita menjadi beku.

Sehingga kalau system pemanas tubuh tidak diaktifkan maka syaraf menjadi kedinginan, bahkan kolesterol dan asam urat berubah menjadi pengkapuran. Sehingga ketika seseorang mengerjakan shalat Tahajjud secara tidak langsung ia mengaktifkan system pemanas tubuh untuk menghentikan pembekuan lemak.

2. Mencegah Paru-Paru Basah

Selain itu, salat tahajud dapat mencegah penyakit paru-paru basah. Karena saluran kelebihan uap air dari paru-paru ke ginjal yang ada dibagian belakang tubuh kita kalau terlalu lama tidur akan tergencet berat badan kita sehingga menyebabkan paru-paru menjadi lembab dan saluran tersebut tersumbat.

Dengan bangun tengah malam untuk salat tahajud hal tersebut akan terkurangi, karena tubuh akan kembali ringan setelah kita bangun dari tidur.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ah Qurquz mengungkapkan bahwa salat malam atau salat tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga tidak mudah terkana penyakit.

Hal ini terjadi karena ketika orang bangun tidur malam hari, berarti menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan terlalu lama yang merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Aktivitas shalat malam, untuk menghadap Allah SWT akan menenangkan hati dari segala kegundahan dan kegelisahan hidup yang dialami.
Bangun malam dapat menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung pada usia tua.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments: