Temajuk Wisata Baru Di Ekor Kaliamantan Barat

Bagikan:
Pantai Temajok/Net

 Oleh: Yaya Syafira*

Temajuk adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Desa Temajuk ini dibentuk pada tahun 2002 dari pemekaran Desa Sebubus. Desa ini berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia dan diapit oleh dua laut yang eksotis yaitu Laut Cina Selatan dan Laut Natuna. Karena berada di perbatasan antara dua negara, desa ini dianugerahi keindahan alam yang membuat iri negara tetangga.

Banyak potensi-potensi wisata yang bisa dikembangkan di desa ini. Di pantai temajuk kita akan dihadapkan dengan kondisi pantai yang masih alami. Dengan pantai pasang laut yang eksotis, hamparan pasir pantai yang lembut berpadu dengan gugusan bebatuan granit yang membentuk formasi yang indah, air laut juga masih jernih. Kita dapat menikmati keindahan alam dengan berjalan-jalan di tepi pantai dan dermaga. Pada bulan Oktober sampai Februari adalah saat yang tepat bagi peselancar untuk menguji adrenalin.                     

Di Dermaga Temajuk yang sangat panjang dan menjorok ke laut, kita dapat melihat panorama yang sangat indah terutma saat sunset. Jangan sampai melewatkan detik-detik matahari tenggelam kembali ke perpaduan yang eksotis dari pantai temajuk. Temajuk memiliki pantai terbaik di Kalimantan Barat. Salah satu pantai yang sudah dikemas adalah Teluk Atong Bahari. Sesuai namanya, pantai ini dikelola oleh Atong, perintis pariwisata di Temajuk.

Di kawasan ini terdapat penginapan yang dikelola oleh Atong, pemandangan yang nyaris serupa dengan belitung yang akan anda temukan di Temajuk. Gugusan batuan raksasa terhampar di beberapa titik pantai, dengan air yang jernih. Lokasinya dekat  dengan penginapan Atong, namanya Pantai Batu Nenek . Selain itu di sebelah utara pantai juga terdapat hamparan batu hingga ke Tanjung Datuk. 

Pantai Temajuk juga bagus untuk snorkeling di Teluk Atong dan tempat bertelur bagi penyu-penyu.
Tak heran banyak orang yang mengincar tempat ini hanya untuk melihat hewan penyu tersebut yang sebenarnya sulit untuk ditemukan di daerah lain, khususnya  di Kaliamantan Barat. Di Temajuk juga banyak terdapat villa dengan berbentuk unik-unik, di temajuk juga ada rumah terbalik. Rumah terbalik dibuka pada akhir tahun 2016 dengan pengunjung yang datang dari berbagai daerah mulai dari yang dekat hingga yang jauh. Untuk bisa masuk kedalam Rumah Terbalik kita harus membayar Rp 25.000 rupiah.

Selain Rumah Terbalik yang menjadi ikon Resto Camar Bulan juga mempunyai penginapan yang unik seperti bentuk piramida, pantai Camar Wulan. Banyak  wisatawan-wisatawan dari luar berlibur di temajuk. Pada bulan Maret hingga April sangat ditunggu oleh Masyarakat berprofesi sebagai nelayan pesisir Temajuk. Karena bulan- bulan itu merupaka musim ubur-ubur. Ditandai dengan berakhirnya musim angin ribut, dan kondisi laut mulai relatif tenang.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

SAMBAS

WISATA

Komentar:

0 comments:

close