Lihat Iklan

Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Bagikan:
Ilustrasi Pendidikan Orang Tua/Net
Oleh : Sumato*

JURNALISTIWA.CO.ID- Betapa pentingnya zaman sekarang ini orang tua untuk lebih memperhatikan pendidikan dasar pada anaknya. Sebab jika tidak, kita bisa lihat sendiri tingkah laku anak-anak saat ini. Mereka yang masih sangat muda, kita sebut saja anak SD yang baru menjalani pendidikan dasar tapi sudah tau apa itu yang dinamakan hubungan antara laki-laki dan perempuan, dan biasa kita sebut pacaran. Maka dari itu betapa pentingnya pendidikan dasar  bagi anak zaman sekarang, karena itu akan menjadi bekal mereka untuk kedepannya supaya menjadi lebih baik.

Anak-anak mulai semakin banyak berinteraksi dengan orang Iain, dengan teman sebayanya, dengan teman yang lebih kecil atau lebih besar dari berbagai kelas yang ada di sekolah, dengan orang dewasa lain, seperti guru, orang tua dari teman-temannya, dan masih banyak lagi yang berinteraksi dengan anak-anak. 

Perlahan-Iahan anak-anak mulai mengenal pula betapa pentingnya bersekolah dan mendapatkan banyak manfaat dari bersekolah, tetapi tidak sedikit pula yang merasakan bagaimana tidak enaknya menjadi seorang murid sekolah dasar.

Diawal tahun, anak belajar di sekolah dasar, masa inilah yang penting untuk memberikan dasar, kepada anak-anak bagaimana mereka sebaiknya belajar dan berusaha untuk mencapai keberhasilannya di kemudian hari. Berbagai ilmu mendasardipelajari di awal awal tahun sekolah dasar. 

Mulai bagaimana caranya membaca, bagaimana caranya menulis, bagaimana caranya berhitung, bahkan bagaimana pula caranya berbicara dalam sebuah diskusi di dalam kelasnya. 
Pertama kali pula anak-anak mendapat pengalaman bagaimana dia mendapatkan pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, kemudian dibawa kembali ke sekolah untuk diperiksa oleh gurunya dan mendapatkan nilai. Dengan tugas yang diterima dan dikerjakan oleh anak-anak, mereka mendapatkan kesempatan bagaimana bekerja dan berusaha dengan baik dalam menyelesaikan tugasnya agar mendapatkan nilai yang baik pula. 

Menurut banyak ahli, mengajar anak-anak disaat dia masih baru mengenal sesuatu Iebih mudah dan Iebih besar kemungkinannya untuk berhasil. Hal ini disebabkan anak itu masihbaru mengenal hal yang baru dalam pengalaman hidupnya. Selain itu, rasa ingin tahu anak saat mengenal sesuatu yang baru biasanya Iebih tinggi. 

Awal-awal tahun pertama di sekolah dasar inilah yang dapat dijadikan dasar untuk membentuk anak belajar dengan baik. Bagaimana memberikan dasar-dasar dan kebiasaan agar anakanak dapat belajar dengan baik, bagaimana menyerap ilmu yang diberikan di sekolah dengan baik, bagaimana mengatur strategi agar bisa bersekolah dan mendapatkan ilmu dengan baik pula. 

Di sekolah dasarlah yang sangat menentukan bagaimana anak bersikap dan berlaku terhadap sekolah dalam menerima ilmu dengan baik, karena anak-anak masih antusias dan semangat. Dengan motivasi yang diberikan orang tua, anak-anak akan selalu bersemangat untuk maju dan belajar dengan baik. Dasar-dasar yang diberikan dengan baik dan dapat dijalani oleh anak-anak dengan baik pula dapat menjadi fondasi yang kokoh dalam diri anak-anak. 

Dengan fondasi yang kokoh dan selalu diberikan perawatan yang baik, pendidlkan dasar ini dapat menjadi sebuah awal menuju keberhasilannya kelak. Pendidlkan di sekolah dasar bukan hanya pendidikan formal, seperti membaca, menulis, berhitung saja. 

Mereka juga beIajar bertanggung jawab atas pekerjaannya, bertoleransi terhadap lingkungan dan teman-temannya, menghargai orang lain, mandiri. Pendidlkan-pendidikan itu tidak semuanya didapat di sekolah, tetapi sesungguhnya diperlukan pula kerja sama yang baik antara guru dan orang tua di rumah. Keterpaduan yang kuat dari guru dan orang tua, dalam membentuk fondasi sebagai dasar pendidikan anak, sangat diperlukan. 

Saat pertama anak memasuki sekolah dasar, merupakan masa yang cukup berat yang dialami oleh anak dalam perjalanan hidup. Dari masa bermain-main dan bebas melakukan segala sesuatu tanpa adanya beban dan kewajiban berat yang dipikul di taman kanak-kanak, berubah menjadi masa dimana anak dituntut harus bisa belajar dan bekerja dengan baik serta mendapatkan nilai yang bagus di sekolah dasar. Semakin banyak tugas dan kewajiban yang harus dilakukan anak-anak dalam hubungannya dengan dunia sekolah.

*Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah


Bagikan:

ARTIKEL

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments:

close