Pentingnya Metode Dalam Pendidikan Karakter Bagi Seorang Guru

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh : Muhammad Renal

Seiring perkembangan zaman saat ini, kita bisa lihat betapa banyaknya anak-anak yang secara tidak langsung sangat memerlukan bantuan seorang guru untuk mendidik mereka dan mengajarkan ilmu pengetahuan serta karakter yang baik. Bisa lihat disekitar kita dengan mata kepala sendiri bahwasannya karakter yang dimiliki anak bangsa ini sudah mulai merosot.

Anak-anak yang masih dibawah umur sudah berani gandengan dengan lawan jenisnya dan tidak sama sekali mereka berfikir tentang karakternya yang  dilakuakan itu sangant buruk dan tidak baik, apa lagi berfikir tentang dosa.

Sudah berapa banyak generasi-generasi yang kita lihat semasa ini sangat tidak mencerminkan layaknya mereka sebagai seorang muslim yang baik. Melihat anak sekolah menengah atas (SMA) bahkan anak sekolah menengah pertama (SMP) sekalipun banyak melakukan perbuatan atau tingkah laku yang buruk seperti seorang laki-laki dan perempuan di umuran mereka sudah berdua-duaan, saling pegangan tangan, dan bahkan tanpa ada rasa malu sekalipun mereka berpeluk-pelukkan di depan umum.

Hal seperti ini sangat banyak dikalangan mereka dan bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka. Dan dari sinilah kita bisa mengerti betapa pentingnya peran seorang guru dalam mendidik karakter anak bangsa.

Karena jika anak dibiarkan menjalani serta mencari jati dirinya sendiri tanpa adanya seorang motivasi atau yang mengarahkan ia kejalan yang benar dikawatirkan hidup mereka akan menyeleweng dan tidak terarah. Seperti halnya tadi yaitu berpacaran hingga merusak akidah dan iman mereka sebagai penerus bangsa yang lebih baik. 

Maka problem seperti inilah yang harus diperhatikan oleh seorang guru di dalam lingkungan sekolah, mengapa? Karena jika bukan seorang guru yang memiliki latar belakang yang baik dan berpendidikan siapa lagi yang akan bergerak untuk ini.

Tugas guru tidaklah hanya sekedar mengajar tetapi juga mendidik secara kontinyu. Berkat seorang guru yang terus-menerus menasehati, mengingatkan, dan membimbing muridnya, itu akan lebih menampakkan hasil dari apa yang telah diajarkannya selama proses belajar mengajar di sekolahan. 

Dalam usaha mewujudkan pendidikan yang berkualitas, guru mesti tahu bagaimana metode yang lebih baik untuk diserapi oleh semua muridnya, jika seorang guru tidak memiliki inisiatif maupun inovatif dalam memilih metode yang baik maka tidak semua siswa akan mengalami kebahagiaan, ketenangan, dan kemudahan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikannya.

Karena tidak semua siswa yang dengan hanya satu metode pembelajaran itu bisa dipahami, tetapi mereka memiliki cara tangkap yang berbeda, dan cara memahami yang beda. 

Dengan adanya metode bermacam-macam yang diberikan oleh seorang guru untuk memahami suatu materi pembelajaran, maka itu akan mempermudah semua siswa dalam prosesbelajar mengajar. Dan tidak dipungkiri lagi bahwasannya seorang pengajar haruslah cerdas dalam mnanggapi masalah seperti ini.

Dalam melakukan fungsi dan tugas mulianya, guru harus melandasinya dengan tanggung jawab yang besar dalam dirinya, yakni tanggung jawab tidak didasari oleh kebutuhan finansial belaka. Hal yang lebih penting adalah tanggung jawab peradaban yang besar bagi kemajuan negeri tercinta, indonesia. Ia juga harus sadar bahwa kesuksesannya menjadi harga mati bagi lahirnya kader-kader bangsa yang berkualitas.

Dalam mendidik upaya mewujudkan tujuan pendidikan yaitu terbnanya insan yang akademis, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang di ridhoi Allah Swt. Maka dari itu seorang guru perlu menggunakan berbagai macam metode dalam belajar, seperti menjadi teladan bagi siswanya. Karena dengan metode teladan inilah anak-anak yang diajari akan lebih paham dan mengerti.

Contohnya seperti seorang ustadz yang sedang berceramah tentang prilaku berbuat baik sesama manusia. Tetapi ustadz sendiri tidak memberikan contoh atau teladan yang baik untuk diikuti oleh para jama’ahnya.

Tentu dari situlah seseorang yang diajari ilmu menjadi tidak yakin dan kurang percaya terhadap guru tersebut, Sebab apa yang di ajarkan tidak mencerminkan perbuatannya. Dan juga, metode teladan ini sangat penting dalam dunia pendidikan dikarenakan manusia itu belajar selalu tertarik untuk meniru ataupun belajar dengan pihak lain.

Jadi, pendidikan bukanlah sekedar pendidikan. Tetapi didalam pendidikan seorang guru sangatlah penting perannya sebagai pengajar, pembimbing, serta penasehat bagi seluruh siswa didiknya. Tak jarang kita temukan seorang guru yang dalam mengajar itu penuh dengan keegoisan dan tak merasakan apa yang dibutuhkan oleh seorang murid yang sedang diajarkannya dalam memahami materi.

Dengan adanya perhatian dan sifat perasa oleh guru terhadap muridnya, maka tak jarang kita lihat siswa-siswa yang menyenangi seorang guru yang mengajarinya,  jika seorang murid sudah mulaimenyenangi si pengajar, tentulah materi yang disampaikan nya juga akan lebih disenangai oleh anak didiknya. Dari sinilah kita bisa menyimpulkan bahwa pentingnya metode seorang guru dalam pendidikan anak bangsa.


Bagikan:

OPINI

PENDIDIKAN

TIPS

Komentar:

0 comments: