Lihat Iklan

Pentingnya Mengenalkan Karakter Positif Sejak Dini

Bagikan:

Oleh : Murdiyana

Karakter mulia berarti seseorang memiliki pengetahuan tentang potensi dirinya yang ditandai dengan nilai-nilai seperti rasa percaya diri, rasional kritis, kreatif, inovatif, mandiri, bertanggung jawab, jujur, menepati janji, adil, rendah hati, malu dalam berbuat salah, bekerja keras, tekun, ulet, kuat, berani,  teliti, berpikir positif dan tidak mudah menyerah. 

Seseorang juga memiliki kesadaran untuk berbuat yang terbaik atau unggul dan seseorang juga dapat bertindak sesuai dengan potensi dan kesadarannya tersebut. Karakter merupakan realisasi dari perkembangan positif seseorang yang dapat dilihat dari sisi intelektual, emosional, sosial, etika dan perilaku.

Karakter yang baik merupakan syarat agar kemampyan yang dimiliki seseorang dapat digunakan secara bijaksana. Kemapuan hanya akan menjadi kekayaan dan membawa maslahat bagi orang banyak apabila kemampuan tersebut disertai dengan karakter baik. 

Sebaliknya orang yang memiliki kemampuan tinggi namun karakternya tidak baik cenderung akan menggunakan kemampuannya untuk hal-hal yang merugikan masyarakat. Dengan demikian apabila dalam suatu masyarakat mengalami kerusakan karakter yang meluas, maka bangsa tersebut akan digerogoti sendiri oleh warganya atau masyarakatnya dapat melakukan tindakan yang dapat merusak diri sendiri.

Kedudukan karakter dalam perjalanan hidup setiap manusia sangat penting. Bahkan pembentukan karakter sejak dini akan sangat dapat menentukan bagaimana seseorang dalam menjalankan hidupnya.

Siapaun dia dan apapun profesi serta jabatannya, ketika memiliki karakter positif tentu akan lebih baik dari pada yang tidak memiliki karakter positif. Maka dari itu pengenalan dan penanaman karakter positif ini sangat diperlukan sejak dini agar bisa menjadi modal mereka dalam mengarungi perjalanan hidup.

Karakter yang kuat, berani dan tidak mudah menyerah akan sangat membantu siapapun dalam menjalani hidup. Karakter positif selalu bisa diterapkan dalam berbagai profesi. 

Seperti kita ketahui bersama bahwa yang sering menjadi masalah bangsa ini  adalah banyaknya orang di Indonesia ini yang tidak memiliki karakter positif sehingga di manapun mereka berada akan selalu menimbulkan masalah dan bukan menjadi solusi dari sebuah masalah.

*Mahasiswi IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close