Lihat Iklan

Pengembangan Komunikasi dalam Pendidikan

Bagikan:
Ilustrasi/Net

Oleh : Ni’matul Marhamah*

JURNALISTIWA.CO.ID - Perkembangan komunikasi dalam pendidikan adalah proses penyampaiyan pesan yang dinformasikan melaui media yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran pesan yang diajarkan berupa pengetahuan yang dipelajari. 

Komunikasi dalam pendidikan membantu perubahan pengetahuan guru dalam proses pembelajaran yang berupa materi pembelajaran melalui media komunikasi sebagai alat bantu pembelajaran yang diberikan kepada siswa yang belajar. Pembelajaran melauli media komunikasi yaitu sebagai proses penyampaiyan pertukaran pikiran, pendapat,pengertian,informasi, sikap kepada orang lain melalui lisan,tulis, isyrat atau gaya tubuh yang dipelajari, dalam hal ini guru dan murid  harus meberi keterampilan dalam dasar mengajar-belajar  yaitu guru menjelaskan murid juga mendebgarkan, meberi bimbingan kepada murid, tanya jawab, guru mebuka dan menutup pembelajaran yang bagus.

Komunikasi dalam pendidikan  mempunyai proses yaitu komunikasi lisan agar kemampuan daya ingatan terhadap apa yang dipelajari saatvketika orang termonivasi untuk memahami materi komunikasi dan mereka akan menjadi aktif terlibat dalam pembelajaran dalam memaksimalkan pemahamanya dan menghasilkan orang-orang  belajar dengan baik. 

Media pembelajaran merupakan bagian penting dalam sistem belajar-mengajar dengan media pembelajaran guru akan lebih mudah menyampaikan materi dengan media pembelajaran, media pembelajaran komunikasi dapat mudah diingat oleh para murid serta ingat mudah diungkapkan. 

Dengan adanya media komunikasi dalam pembelajaran guru dapat lebih kreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran pada siswa, selain itu guru harus mengetahui karakteristik daya tangkap siswa agar dapat menyesuaikan dengan media yang akan dibuat agar dapat menyesuaikan dengan media yang akan dibuat agar proses pembelajaran akan lebih baik dan siswa juga dapat bisa memahami dengan baik dan dapat diingat.diera moderen ini sistem media komunikasi semangkin canggih oleh karena itu guru harus selalu mengikuti zaman agar proses pembelajaran sesuai dengan kondisi yang terjadi, kecendrungan belajar yang mebosankan sering terjadi didunia pendidikan. Hal tersebut terjadi karena cara penycampaiyan dari guru terlalu menonton sehingga murid merasa bosan. 

Dampak dari terjadinya rasa bosan sangat berbahaya karena hasil dari proses pembelajaran akan tidak maksimal. Jadi dalam mengajar guru harus membangun kelas dengan cara belajar mengajar dengan menggunakan media komunikasi memberikan penekanan pada posisi media sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar untuk mengkondisikan seseorang untuk belajar, dengan kata lain pada saat kegiatan belajar berlangsung bahan belajar yang terima siswa diperoleh melalui media seperti infocus, nenbook, hp, buku, manfaat dari media komunikasi adalah memotifasi minat, menyajukan informasi,memberikan arahan. 

Dalam media komunikasi akan mengatur dalam jangka waktu tertentu, mulai dari perhatian, motivasi, kepuasan dan penerapan menganalisis dari logika. Kajian dalam studi komunikasi yaitu gaya bahasa yang bisa menarik perhatian dalam media pembelajaran tersebut. Komunikasi berhubungan dengan prilaku manusia dengan kepuasan terpenuhnya kebutuhan berinteraksi dengan manusia-manusia lainya. Setiap orang membutuhkan membutuhkan hubungan sosial dengan orang-orang yang lain dengan kebutuhan ini terpenuhi melalui pertukaran pesan yang berfungsi sebagai jambatan untuk mempersatukan manusia yang satu dengan manusia lainya,seperti guru dan murid yang mana pesan itu mengunakan kata yang bisa dipahami. 

Perkataan komunikasi dalam media pembelajaran sangat mendasar bagi suatu iteraksi yang dilakukan oleh individu terlebih dalam dunia pendidikan dan pembelajaran pemahaman komunikasi dapat ditunjukan pada proses interaksi antara guru dan siswa, dan juga peserta didik dalam konteks hubungan lainya yang terkait dengan masalah informasi atau pesan pembelajaran.terdapat bentuk komunikasi yang harus menjadi pegangan seorang guru tak kalah suatu permasalahan ditemui selama proses pembelajaran informasi kepada peserta didik dalam penyampaiyan materi biasanya guru mengunakan dalam komunikasi dalam pembelajaran dengan mengunakan metode ceramah,dimana siswa hanya duduk dan  menyimak, mencatat, dan apa yang disampaikan guru  dan sedikit peluang bagi murid untuk bertanya dengan materi yang diajarkan oleh gurunya. Hal ini berkenaan dengan bagaimana guru mampu menerapkan hasil kajian media komunikasi dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dan penghargaan kajian komunikasi  dalam media pendidikan menjadi pegangan bagi setiap pendidik.

 *Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah


Bagikan:

ARTIKEL

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments:

close