Lihat Iklan

Pengaruh Remaja Masjid Terhadap Dunia Pendidikan

Bagikan:
Ikatan Remaja Masjid Dusun Mupa Desa Palapulau

Oleh: Nola Kifani*
Dalam dunia yang serba canggih dengan kemajuan teknologi yang luar biasa mengakibatkan para remaja lebih cenderung dengan teknologi yang ada. Pada hakikatnya remaja harus menunaikan kewajiban untuk belajar, karena pengaruh teknologi banyak remaja yang meninggalkan kewajiban tersebut.

Dalam hal ini perlu sesuatu yang dapat meminimalisir kegiatan remaja kepada teknologi tapi lebih kepada sosial dan keagamaan. Dalam hal ini organisasilah yang dapat menangani hal tersebut, kali ini Remaja Masjid lah yang akan menjadi pembahasan.

Dari berbagai aspek kehidupan remaja masjid memiliki pengaruh yang positif seperti pengaruh sosial bagi remaja yang ikut dalam organisasi ini adalah mereka dapat berinteraksi dengan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang  diadakan oleh remaja masjid itu sendiri, seperti yang dilakukan oleh Ikatan Remaja Masjid Dusun Mupa Desa Palapulau Kecamatan Putussibau Utara Kapuas Hulu, yang baru terbentuk dan dilantik namun sudah bisa mengadakan kegiatan yang luar biasa besar yaitu seminar seluruh remaja masjid yang ada di Kecamatan Putussibau Utara, ini membuktikan bahwa dalam kehidupan sosial remaja terjadi interaksi melalui organisasi ini.

Ustadz Musthofa mengatakan “ meskipun remaja masjid ini baru berdiri namun pendidikan yang terjadi di dalamnya sudah banyak sekali diantaranya agama”. Kemudian dari segi religius dan kepribadian, remaja yang ikut dalam organisasi ini sedikit banyak mengetahui tentang agama, bisa mengenal baik dan buruk, berbakti kepada orang tua dan tidak sedikit remaja yang sudah bergabung kedalam organisasi ini rajin beribadah, dan refleksinya adalah kepada kepribadian yang berakhlakul karimah.

Dari sinilah pendidikan yang luar biasa didapatkan oleh remaja karena dalam kehidupan ini yang terpenting adalah kehidupan sosial yang diiringi oleh agama dan kepribadian yang baik, artinya pengaruh remaja masjid terhadapa pendidikan adalah menghasilkan remaja yang agamis dan berakhlakul karimah.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

KAPUAS HULU

OPINI

Komentar:

0 comments:

close