Pengaruh Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam

Bagikan:
Ilustrasi/Net

Oleh: Lia Juliarsih*


JURNALISTIWA.CO.ID- Tanggung jawab orang tua terhadap anaknya bukan hanya sekedar kebutuhan materi. Akan tetapi pemenuhan kebutuhan perhatian, kepedulian, kasih sayang yang sangat penting dalam kebutuhan seorang anak untuk menunjang keberhasilan masa depan pendidikan anak. Oleh sebab itu  peranan orangtua sangat penting dalam bentuk perhatian orangtua terhadap anak maka orang tua perlu menyediakan fasilitas  belajar dan menyemangati anaknya untuk belajar, sehingga menjadi motivasi yang sangat penting bagi anak dalam mencapai hasil belajar yang optimal.

Orang tua tidak segan mengorbankan waktu dan tenaga demi aktifitas tersebut. Orang tua adalah adalah pembina pribadi yang pertama dalam hidup anak kepribadian orang tua, sikap, dan cara hidup mereka, merupakan unsur-unsur pendidikan untuk membangun karakter anak sesuai dengan yang di perintahkan oleh Allah SWT.

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab terhadap anaknya maka orang itu memegang fungsi dan peranan penting dalam meningkatkan pendidikan anaknya. Perhatian orang tua terlihat dari usaha orang tua untuk menyediakan fasilitas belajar yang secukupnya. Namun fasilitas tidak menjamin keberhasilan belajar anak apabila tidak disertai adanya perhatian dari orang tua yang ditunjukkan setiap hari.

Perhatian terhadap para orang tua , agar seorang orang tua dapat memantaskan diri menjadi sebenar-benarnya orang tua. Untuk mendidik anak, maka mula-mula yang harus mereka didik adalah diri mereka sendiri, sehingga orang tua menjadi sumber inspirasi bagi anak-anak.

Ketika seorang orang tua telah menjadi seorang orang tua inspiratif bagi anak maka memotivasikan anak menjadi hal yang mudah. Proses pengasuhan menjadi lebih menyenangkan ibu memiki lebih banyak waktu untuk dirinya sendiri dan hubungan keluarga menjadi lebih harmonis karena hidup ibu menjadi lebih balance.

Kewajiban seorang orang tua harus berpengalaman mendidik anak-anaknya sejak dalam kandungan hingga remaja, pengalan itu diraih dengan berbagai pelajaran, pelatihan dan seminar tentang peranting dari berbagai sumber, sehingga menjadikan pengalaman ini bukan hanya dari kaya akan dari teori namun juga penuh dengan praktik dari contoh nyata yang mudah untuk diterapkan seorang orang tua kepada anaknya.

Orang tua yang menaruh perhatian pada anak, maka akan memberikan motivasi yang besar. Orang tua tidak segan mngorbankan waktu dan tenaga demi aktifitas anak tersebut. Sebagai ibu sudah sepantasnya kita memberikan pelajaran sejak dini terhadap anak karena itu akan membentuk karakter anak, ibu menjadi teladan bagi anak, maka dari itu. 

Ingat, sebelum anak mengadaptasi kebiasaan dari lingkungan sosial, mereka meniru apa yang dilakukan oleh orangtua terlebih dulu. Maka dari itu, perlihatkan perilaku terpuji dan inspiratif saat bersama si kecil.

Banyak cara bagi orang tua untuk memotivasi anaknya agar anak memiliki semangat  belajar  yang tinggi seperti :

Mengajarkan  Anak  Tentang  Pendidikan  Agama  Islam di Rumah
Hal ini sangat penting untuk anak agar anak memahami tentang agama dan perlu di tanamkan agar membentuk karakter anak yang islami. Sebagai orang tua yang muslim hendaknya mengajarkan anak pendidikan agama islam yang jelas dan penuh dirumah seperti tata cara shalat, mengaji, dan berpuasa.

Memperhatikan Penyediaan Sarana Studi
Sarana pra sarana studi merupakan komponen  yang penting dalam proses belajar anak. Apabila sarana dan prasarana tidak memadai maka proses belajar anak akan  terhambat. Orang tua berkewajiban untuk menyediakan sarana dan pra sarana tersebut karena itu adalah faktor pendukung untuk mencapai kegiatan pembelajaran yang efektif. Sarana dan prasarana itu seperti perlengkapaan alat tulis ,meja belajar, dan buku-buku pelajaran pendidikan agama yang lengkap, agar proses belajar anak  berjalan dengan lancar.

*Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah
Bagikan:

ARTIKEL

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments: