Pengaruh Handphone Menurunkan Prestasi Belajar Anak

Bagikan:
Ilustrasi Terbelenggu Handphone/Net

Oleh: Hoiriyeh*

JURNALISTIWA.CO.ID - Zaman sekarang banyak remaja yang menyalah gunakan handphone tampa pengawasan dari orang tu, bahkan banyak pula orangtua yang dengan bangganya memberikan hadiah berupa handphone kepada anak-anak yang masih SD.

Orang tua terkadang menyadari betapa pentingnya handphone bagi anak-anaknya dengan berbagai alasan, namun orang tua tidak menyadari bahwa disamping itu handphone juga mempunyai dampak negatif, seperti halnya anak jadi malas belajar, suka main game, dan main handphone saat proses belajar mengajar berlangsung.

Hal itu menyebab menurunkan prestasi belajar siswa di sekolah. Awalnya siswa tersebut berprestasi di sekolah, namun setelah menggunakan handphone prestasinyapun menurun karena makin malas belajar dan sering main handphone.

Di dalam setiap langkah belajar, apakah itu di dalam kelas atau di rumah, apabila siswa belajar sendiri, diperlukan konsentrasi yang tinggi. Oleh karna itu banyak siswa yang tidak siap dalam menerima pelajaran, tidak fokus dan tidak konsentrasi dalam proses belajar, hal itu dapat disebabkan siswa mengobrol atau becanda dengan temannya ketika guru sedang menjelasakan, dan juga disebabkan karena siswa asyik memainkan handphone yang mereka miliki ketika guru sedang menjelaskan pelajaran.

Dari latar belakang yang telah disebutkan di atas dapat disimpulakan mengenai sumber masalahnya:

Bagaimana pengaruh handphone dapat menurunkan prestasi belajar siswa?

Handphone merupakan sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar secara konvensional yang mudah dibawa dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan kabel.

Handphone berfungsi untuk menerima telepon atau sms (pesan singkat), sebagai alat memotret, merekam segala aktivitas, sebagai sarana informasi bahkan handphone tersebut bisa digunakan untuk menjelajahi dunia internet tergantung feature handphone tersebut. Namun di samping handphone memberikan manfaat, handphone juga mempunyai aspek yang merugikan bagi kehidupan manusia.

Tidak jarang dijumpai para siswa membawa handphone saat pergi ke sekolah dan sering juga dijumpai siswa ngobrol dan berbincang dengan menggunakan handphone sampai bermenit-menit bahkan sampai berjam-jam, salah satu sebabnya dikarenakan biaya menelpon cukup murah yang ditawarkan oleh operator telepon dan hal tersebut bisa mengganggu aktivitas belajar siswa. Walaupun sudah sering diperingatkan untuk tidak menggunakan handphone saat pross pembelajaran, tetapi pealnggaran tersebut tetap saja terjadi.

Hal itu mengakibatkan menurunkan prestasi belajar siswa di sekolah. Siswa bisa saja lebih suka bersantai dengan mendengarkan lagu ketimbang harus belajar, serta game yang juga bisa membuat siswa lebih suka menuntaskan bermain game daripada menuntaskan tugas sekolah. Jadi perkembangan teknologi sekarang yang cukup modern dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa di sekolah.

Hambatan aktivitas belajar siswa memang tidak sepenuhnya disebabkan akibat penggunaan alat komunikasi handphone yang dimiliki siswa, namun besar kemungkinan handphone tersebut memang sudah menjadi salah satu dari faktor yang dapat mempengaruhi terhambatnya aktivitas belajar siswa baik itu belajar di sekolah ataupun di rumah.

Bagi orang tua jika harus membelikan handphone seharusnya orang tua mampu memproteksi anaknya dari pengaruh negatif handphone, secara berkala orang tua harus memeriksa isi hhandphone anaknya. Bagi sekolah yang tidak melarang siswanya membawa handpone harus secara berkala melakukan razia terhadap penggunaan  handphone agar siswa terbebas dari pengaruh negatif handphone.

*Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah
Bagikan:

OPINI

PENDIDIKAN

TEKNOLOGI

Komentar:

0 comments:

close