Pengaruh Android Bikin Siswa Makin Malas

Bagikan:
Ilustrasi Pengaruh Gadget/Net
Oleh : Sarqilaturrahmi*

JURNALISTIWA.CO.ID- HP (Handphone) adalah singkatan dari hand dan phone. Hand artinya tangan, sedangkan phone adalah alat komunikasi yang canggih dan modern. Jika digabungkan handphone adalah alat komunikasi yang mudah dibawa kemana-mana.

Untuk mengetahui kegunaan handphone sudah pasti untuk alat komunikasi. Jika dikaitkan dengan internet ada beberapa manfaat yang bisa kita ketahui 

Bidang Pendidikan 
Di bidang pendidikan, Android memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran online.selain itu kita dapat download buku-buku elektronik lengkap yang tersedia gratis oleh pemerintah. Prosesnya pun tidak sulit bisa dipahami dengan cepat sebab bukan hanya file tetapi juga ada yang berbentuk video. 

Bidang Ekonomi dan Bisnis
Di bidang ekonomi dan bisnis bisa dimana aja dan kapan saja. Apalagi ibu-ibu yang tidak bisa kerja di luar bisa menggunakan aplikasi Android seperti whats’up, facebook, instagram, dan bisa juga bergabung dengan aplikasi lainnya yaitu shoppy, traveloka, bukalapak dan lain sebagainya. 

Sarana Bersosialisasi
Pengguna Android dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan biaya yang murah melalui fasilitas e-mail, g-mail atau chatting melalui berbagai situs yang ada seperti whats’up, tweeter, facebook, dan sebagainya.

Sarana Hiburan
Android banyak mengfasilitasi pilihan seperti permainan atau games, musik, video, dunia entertainment, dan sebagainya yang ada di internet.

Banyak yang menjadi penyebab kecenderungan anak terhadap android 

Kurang perhatian orang tua
Saat ini anak balita pun sudah bisa menggunakan android. Apalagi anak remaja yang orang tuanya sibuk mencari rezeki. Setelah anak asik bermain dan lupa diri, orang tua pun baru timbul rasa resah dan gelisah. Orang tua yang memiliki jabatan perkantoran pasti memiliki waktu yang singat untuk keluarga. Makanya anak lebih cenderung kepada hp, sebab tidak ada yang melarang

Kesadaran diri sendiri
Ini lebih penting lagi karena setelah dapat pengarahan dari orang tua sudah pasti perlu kemandirian dan kesadaran anak tersebut. 

Setelah kita simak, kita lanjut ke dampak terjadinya setelah keseringan bermain handphone 

Kesehatan mata
Sudah sering kita dengar bahwasannya banyak yang keseringan mengunakan hp mata akan menjadi sasarannya. Seperti mata minus, rabun jauh, dan ada juga yang langsung buta. Namun itu semua di tampik karena itu dikatakan mustahil, dan banyak juga yang menyatakan bahwa itu benar. Istilahnya belum kenak belum jera’. 

Malas
Malas itu bukan kebiasaan tetapi penyakit. Apa saja yang dikatakan malas yaitu malas mandi, sikat gigi, makan dan berkumpul sanak saudara.

Tindakan Yang Harus Dilakukan Terhadap Anak 
Pertama, Peran orang tua yang sangat penting disini, karena siapa lagi yang harus bijak. Namun bukan dengan tindak kekerasan melainkan ajakan dan sebuah perintah. Kedua, Memberikan sebuah contoh yang bisa meyakinkan mereka untuk mengetahui akibat keseringan bermain handphone. Ketiga, Membuat perjanjian kepada anak dengan menggunakan waktu yang baik.

*Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah


Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close