Cari Disini



Pendidikan Karakter Di Pesantren

Bagikan:
Ilustrasi Pondok Pesantren/Net
Oleh:Sholihin*

JURNALISTIWA.CO.ID- Istilah karakter tidak lagi asing bagi kita untuk didengar,baik disekolah,perguruan tinggi maupun diberbagai pondok pesantren.karakter adalah sikap tabiat atau bisa dikatakan sebagai budi pekerti seseorang, Karakter ini harus dimiliki setiap jiwa seseorang terlebih lagi kepada jiwa seorang santri yang sedang mendalami ilmu agama diberbagai pondok pesantren.

Seseorang yang memiliki sikap atau karakter yang baik tentu akan disenangi orang yang ada disekitarnya, Dan juga sebaliknya apabila seseorang tidak memiliki karakter yang baik maka ia tidak akan disenangi orang lain,karakter ini harus ditamankan dimulai dari sejak dini sehingga mereka akan terbiasa dalam memiliki prilaku yang baik dimana pun mereka berada.

Sebagai sorang santri yang mendalami ilmu agama di pondok pesantren ini harus benar-benar dibekali dengan akhlak dan karakter yang baik sehingga mereka menjadi pribadi yang bisa dibanggakan dan kelak menjadi contoh untuk kehidupan disekitar masyrakat.

Diantara pendidikan karakter santri yaitu berakhlak mulia,memiliki sikap saling peduli terhadap orang lain dan memiliki jiwa saling hormat menghormati antar sesama manusia. Karakter adalah tatakrama sopan santun yang dapat menimbulkan sikap positif dari masyarakat apabila kita memiliki sifat yang baik, Selain itu karakter dapat menimbulkan jati diri seseorang dalam kehidupannya.

Sebelum mendalami ilmu agama bagi seorang santri tentu yang pertama kali dibenahi adalah sikap dan tingkah lakunya, Sehingga ia akan senang dalam hidupnya walau pun hidup bersama orang lain.
Ciri-ciri santri yang memiliki karakter yang baik yaitu senang membantu sesama terhadap orang yang membutuhkan bantuan, Selain itu selalu berkumpul bersama orang yang baik menghormati orang tua dan menyayanyi anak kecil serta dapat menimbulkan prilaku positif dimasyarakat.

Kehidupan seorang santri yang memiliki karakter yang baik yaitu selalu mengerjakan hal-hal kebaikan, dan dapat menjauhi dari perbuatan yang tercela didalam kehidupannya ia selalu disenangi orang tua masyarakat terlebih lagi disenangi oleh allah swt.

Sikap seorang santri didalam kehidupan dimasyarakat yaitu dapat mengarahkan pada jalan kebenaran berkarakter baik, dan seorang yang memiliki karakter yang bagus harus tampil beda dengan orang lain, cara berpenampilan yang benar, tingkah laku yg benar sehingga orang lain menjadi senang dengan kita.

*Mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah


Bagikan:

OPINI

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments: