Pendidikan Anak Muslim

Bagikan:
Ilustrasi/Net


Oleh: Novianti* 

JURNALISTIWA.CO.ID - Pendidikan merupakan hal yang sangat urgen di dalam Islam, karena dengan pendidikanlah umat islam akan mulia. Berbicara tentang pendidikan, erat kaitannya dengan orang tua, karena orang tua telah dititipi anak oleh Allah Subhanahu wata’ala. Orang tua merupakan penentu baik atau buruknya perangai sang anak, bagaimana orang tua begitulah anak. Oleh karena itu, hendaklah setiap orang tua muslim memperhatikan perintah Allah Subhanahu wata’ala, yang terdapat didalam Al-Quran Surah At-Tahrim ayat 6 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”.

Dalam mendidik anak, hal yang perlu ditanamkan kepada anak yaitu mengenalkan aqidah kepada mereka, karena aqidah merupakan pondasi utama. Kenalkan kepada mereka adanya Allah, yaitu Tuhan yang menciptakan langit dan bumi beserta seluruh isinya, adanya surga dan neraka, adanya malaikat yang Allah perintahkan untuk mencatat perbuatan setiap manusia, adanya hari pembalasan yaitu hari dimana manusia ditanyai atas segala perbuatannya selama hidup didunia. 

Dengan menanamkan aqidah yang benar kepada mereka, Insyaa Allah iman akan tumbuh dihati mereka. Didamping itu, Doa adalah senjata yang tak kalah pentingnya dalam mendidik anak, hendaknya kedua orang tua selalu meminta kepada Allah agar dikaruniai anak yang sholeh dan sholehah.

Hal penting selanjutnya dalam mendidik anak, tentunya diperlukan keteladanan dari orang tua. Orang tua adalah sosok figur yang akan ditiru oleh anak. Untuk menjadi teladan yang baik, tentunya diperlukan ilmu, karena dengan ilmu akan terungkap mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk itu, hendaknya kedua orang tua sangat memperhatikan pendidikan untuk anak-anak mereka, jangan sampai mereka mengasuh anak dengan pola asuh yang salah dan tidak menanamkan nilai-nilai keagamaan sejak dini. karena akan berakibat fatal nantinya, dan kedua orang tua pun akan dimintai pertanggung jawabannya oleh Allah Subhanahu wata’ala atas kepengasuhannya  terhadap anak-anak mereka.

Hendaknya orang tua memperhatikan bahwa, mendidik anak dengan pendidikan yang islami adalah sangat urgen dan dilakukan sejak dini. Adapun caranya adalah mendoktrin mereka dengan hal hal yang baik yang sesuai dengan ajaran islam serta memberikan contoh kepada mereka, seperti halnya jika terdengar adzan berkumandang, seorang ayah segera melaksanakan sholat lima waktu di masjid, hal ini tanpa dibicarakan pun dengan panjang lebar kepada anak laki-lakinya, dengan melihat sang ayah sholat kemasjid anakpun akan mengikuti dan memiliki pola fikir bahwa sholat ke masjid lima waktu itu wajib bagi laki-laki muslim. adapun contoh yang lainnya seorang ibu membiasakan menggunakan jilbab syar’i ketika keluar rumah, hal ini akan memberikan pemahaman kepada anak perempuannya tentang wajibnya menggunakan jilbab syar’i ketika keluar rumah, dengan melihat ibu tanpa disuruh pun anak akan melakukannya.

Hal yang tak kalah penting dalam mendidik anak adalah adanya lingkungan yang baik dan memberi mereka teman bergaul yang baik, karena anak adalah manusia makhluk sosial yang membutuhkan berinteraksi dengan orang disekitarnya. Kedua hal ini akan membantu orang tua dalam mendidik anak mereka, karena jika tidak tinggal dilingkungan yang baik  dan anak bergaul dengan teman yang buruk, maka anak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang buruk pula.

Untuk itu, hendaknya setiap orang tua memperhatikan pendidikan anak mereka dengan memperbaiki kualitas mereka dan menyediakan tempat tinggal serta teman bergaul yang baik agar lahir generasi islam yang unggul seperti generasi awal islam. wallahu’a’lam.




*Mahasiswi Tarbiah STAI Mempawah
Bagikan:

ARTIKEL

PENDIDIKAN

Komentar:

0 comments:

close