Cari Disini



Millenial Road Safety Festival, Kapolda Kalbar: Selamatkan Generasi Millenial Agar Tidak Menjadi Korban Kecelakaan

Bagikan:
Kapolda Kalbar bersama Walikota Pontianak, IMI Kalbar dan Dirlantas Polda Kalbar. Foto: Istimewa

Pontianak, jurnalistiwa.co.id - Malam itu di sebuah Cafe di kawasan Kota Pontianak, Cafe IMI Coffee Pontianak Kalimantan Barat Ratusan Millenial berkumpul. Inilah lokasi Road Safety Festival IMI dan Ditlantas Polda Kalbar, Minggu (27/1/2019).

Seorang pria berpangkat bintang dua menyapa breaker sekota pontianak. Umbaran senyum ia lontarkan kepada semua orang yang berada di tempat itu. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono, SH MH. Jenderal mantan wakapolda kepri itu datang kesana mensosialisasikan Road Safety Festival dan tips keselamatan saat berkendara.

Nampak hadir juga Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, ketua IMI Kalbar, Yuliansyah, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, tamu undangan dan para breaker Kota Pontianak.

Diawal sambutannya, Irjen Pol Diri Haryono menyapa denga ucapan salam olah raga, dan serentak dijawab Jaya oleh breaker kaum millenial.

"Road show ini digagas dalam mensosialisasikan Road Safety Festival, untuk menjaga keselamatan kaum millenial dalam berlalulintas di jalan," ujarnya.

Korban Kecelakaan Lalulintas Di Kalbar 50% Adalah Kaum Milenial

Kecelakaan lalulintas di Indonesia pada tahun 2018, terdata 30.000 lebih orang meninggal dunia, 60 persennya mereka adalah generasi Millenial. Begitu juga di Kalbar laka lantas memakan korban jiwa 502 orang di tahun 2018 dan 50 persennya adalah kaum Millenial.

Kapolda Kalbar, Jendral Polisi Drs. Didi Haryono mengharap peserta Road Show menyatukan visi demi menurunnya angka kecelakaan di tahun 2019.

"Mari dalam kesempatan Road Show, kita samakan misi, persepsi dan interprestasi tentang berkendara di jalan sehingga angka fatalitas kecelakaan dapat kita tekan di tahun 2019," harapnya.

Angka tersebut diatas, Pontianak menduduki tempat pertama rangking kecelakaan, kemudian di susul di Kabupaten Mempawah dan berikutnya di Kabupaten Sanggau. Pemerintah daerah sudah berupaya terus meningkatkan sarana prasarana jalan untuk menekan angka kecelakaan ini.

Didi Haryono juga mengajak peserta millenial untuk menjadi pengendara cerdas, agar angka kecelakaan kaum millenial tidak terjadi lagi. Kaum millenial adalah penerus bangsa kedepan.

"Mari pahami bersama, selamatkan generasi millenial agar tidak menjadi korban kecelakaan. Mereka sebagai generasi penerus bangsa harus berkarya dalam mensukseskan estafet kepemimpinan dan pembangunan bangsa, karena generasi millenial ini yang akan mengisi pembangunan dan bertugas mengawal generasi Y dan Alfa," ajaknya.

Kapolda Kalbar Pimpin Deklarasi Generasi Millenial Mendukung Road Safety Menuju Zero Accident

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan Deklarasi oleh Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Inspektur Jenderal Polisi Drs. Didi Haryono, SH MH yang diikuti oleh para breakers sekota pontianak.

"Deklarasi Generasi Millenial Mendukung Road Safety Menuju Zero Accident. Kami Generasi Millenial: 1. Generasi yang peduli keselamatan berlalu lintas; 2. Mendukung sepenuhnya program Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas; 3. Siap menjadi pelopor keselamatanberlalu lintas," pimpin Kapolda Kalbar.

Kegiatan dilanjutkan dengan Dialog Interaktif. Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Kalbar menyampaikan bahwa kecelakaan lalulintas 2018 cukup menarik pimpinan Polri.

"Sebagai negara besar, ingin para generasi penerus bangsa tentunya kita jaga, kita kawal dengan memberi arahan yang baik. Korban kecelakaan 2018 didominasi oleh generasi millenial. Kami kepolisian menggagas untuk mensosialisasikan hal ini, agar mereka untuk tetap berhati-hati dalam berkendara dan berhati-hati dalam berlalulintas," tuturnya.

Harapannya Kalbar dapat menjadi yang terbaik dalam menjabarkan road safety festival ini, generasi millenial Kalbar menjadi mitra Polri yang patuh terhadap peraturan.

"Setiap hari kita selalu mengingatkan dan kita jaga mereka, penegakkan hukum atas pelanggaran lalulintas  kita berikan kepada mereka sebagai wujud sayang Polri kepada kaum millenial agar mereka selamat di jalan raya," tutupnya.

Sebagai informasi, dalam Road Show tersebut, selain Kapolda sebagai narasumber juga didampingi Walikota Pontianak, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, Dirlantas Polda Kalbar Kombes (Pol) Nanang Masbudi, dan Ketua IMI kalbar, Yuliansyah. Kegiatan diakhiri dengan acara lomba yel-yel millenial road safety festival.

Penulis: Humas Polda Kalbar
Editor: Abdul Khofid
Bagikan:

KALBAR

PONTIANAK

Komentar:

0 comments: