Menjadi Mahasiswa Enterpreneur? Mengapa Tidak

Bagikan:

Oleh : Safarina* 


Tentunya sangat wajar jika kita mengenyam pendidikan atas biaya yang diberikan orang tua. Namun sedikit berbeda jika kita mengenyam pendidikan menggunakan penghasilan sendiri.  Yang menarik disini adalah bagaimana kita menjadi berbeda dari kebanyakan khalayak. Apalagi untuk koridor perguruan tinggi , pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan?

Bisnis sambil kuliah tidak hanya berbicara soal penghasilan. Namun juga berbicara mengenai kreativitas. Bagaimana kita menciptakan sebuah inovasi dalam bisnis, apapun itu. Menjadi enterpreneur yang berkualitas tidak lah mudah. Kuncinya satu saja, hilangkan segala macam gengsi dan rasa malu , karena di kamus seorang enterpreneur tidak tercantum hal demikian.

Menjadi mahasiswa enterpreneur sangatlah asyik. Namun disisi lain kita dituntut untuk management waktu. Dalam rangka membagi kebutuhan pendidikan dan penghasilan sampingan , tetaplah mengutamakan pendidikan. Karena pendidikan adalah amanah utama yang orang tua yang di  percayakan kepada kita.

Salah satu tips agar menjadi mahasiswa enterpreneur yang berkualitas adalah cermat dan tepat menempatkan kebutuhan dan keinginan. Jika kita sudah faham dan mengerti menempatkan kapan harus menggunakan kebutuhan dan kapan harus menggunakan keinginan, maka sangatlah mudah kita mengatur waktu antara bisnis dan pendidikan, sebut saja kuliah.

Ikutlah berbagai komunitas enterpreneur didalam kampus maupun di ormas masyarakat. Kita akan bertemu dengan banyak pebisnis pebisnis yang handal di usia muda nya , bahkan yang masih duduk di bangku kuliah. Turut serta juga jalin hubungan dengan orang yang ahli di bidangnya, karena pada hakikatnya setiap orang adalah pelajaran dan pengalaman. Usaha dan berdoa tiada henti, pasti segala mimpi akan terealisasi. Keep shining and Bravo!


*Mahasiswa Jurusan PAI IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close