Lihat Iklan

Makanan Khas Kalimantan Barat yang Harus Dicicipi Ketika Liburan di Kalimantan Barat

Bagikan:

Oleh : A. Syamsul M*

Ketika berlibur di Kalimantan Barat, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan-makanan khas daerah Kalimantan Barat. Ya, seperti halnya provinsi-provinsi lainnya, Kalimantan Barat memiliki banyak makanan khas daaerah yang patut kita cicipi ketika liburan disini. 
Berikut beberapa makanan yang khas yang harus dicicipi:

1. Bingke

Bingke adalah makanan khas Pontianak yang di gemari masyarakat, terutama masyarakat Pontianak. Makanan ini memliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Bingke dibuat dari dari campuran tepung terigu, telur, dan santan. Kue bingke ini memiliki banyak varian rasanya, dari bingke original hingga bingke yang rasa buah dan lain-lain. Bingke sangat mudah ditemukan di toko-toko bingke Kota Pontianak.

2. Bubur Pedas
Bubur pedas adalah makanan khas dari Sambas, Kalimantan Barat. Bagi teman-teman yang tidak menyukai sayur, bubur pedas dapat menjadi solusi untuk mencukupi kebutuhan sayur kalian, karena rasanya yang sangat nikmat.
Bubur pedas terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng, kemudian ditambahkan beraneka ragam sayuran seperti kangkung, pakis, wortel, ubi, dan rempah-rempah lainnya. Agar menjadi lebih nikamt, bubur pedas dapat ditambah dengan kacang dan ikan teri goreng. Bubur pedas juga mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan hingga restoran di Kalimantan Barat.

3. Mie Sagu
Mie sagu adalah makanan khas suku melayu di Kalimantan Barat. Seperti halnya daerah lain yang menggunakan sagu sebagai bahan makanan, di Kalimantan Barat juga membuat makanan yang berbahan dari sagu.
Mie sagu juga mungkin terdapat didaerah lain, namun terdapat perbedaan antara mie sagu khas Kalimantan Barat dengan daerah-daerah lain. Mie sagu khas Kalimantan Barat menggunakan kuah kaldu sebagai pelengkap, sedangkan dari daerah lain disajikan kering.
Seperti namanya, mie sagu ini terbuat dari sagu yang diulen dan dipotong kecil panjang, tentunya teksturnya menjadi lebih kenyal dari mie pada umumnya. Mie sagu ini mudah ditemukan di warung-warung Kota Pontianak.

4. Kerupuk basah
Kerupuk basah adalah makanan khas dari daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Tidak seperti kerupuk pada umumnya yang memiliki tektur  renyah, kering atau garing, kerupuk basah memiliki tekstur yang berbeda dari kerupuk biasanya. Mungkin bisa dibilang malah seperti pempek atau siomay. Karena, kerupuk basah dibuat dengan cara dikukus. Namun bisa juga dinikmati dengan digoreng lagi setelah dikukus.
Kerupuk basah terbuat dari campuran tepung sagu dan ikan belida, karena ikan jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan dan aroma yang khas. Kerupuk basah biasanya disajikan dengan saos kacang.

5. Lempok Durian
Lempok durian adalah makanan khas dari Kalimantan Barat. Tampilannya yang hampir serupa dengan dodol biasanya dan memiliki tektur yang kenyal namun miliki perbedaan. Berbeda dari dodol yang  biasanya dibuat dengan campuran tepung ketan, lempok durian ini tidak terbuat dari campuran  tepung ketan namun 100% bahannya terbuat dari durian, sehingga cita rasa dan aroma duriannya sangat terasa dimulut.
Bagi teman-teman pecinta durian, lempok durian ini sangat direkomendasikan untuk dinikmati karena ini sangatlah nikmat. Lempok durian mudah ditemukan ditoko-toko yang berada di Pontianak terutama toko oleh-oleh.

Itulah beberapa makanan yang harus dicicipi bila teman-teman berlibur ke Kalimantan Barat. 

*Mahasiswa IAIN Pontianak


Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close