LDK As-Salam IAIN Pontianak Sampaikan Pesan Jaga Kelestarian Alam

Bagikan:

Kegiatan Tafakur Alam LDK As-Salam IAIN Pontianak di Kura-Kura Beach Bengkayang/Foto: Ilma Karmila

Bengkayang, jurnalistiwa.co.id - Lembaga Dakwah Kampus (LDK) As-Salam IAIN pontianak melaksanakan Tafakur Alam, di Kura-Kura Beach, Bengkayang, Kamis (31/01/2019) yang dihadiri 40 orang peserta dan panitia. Di antara materi yang disampaikan, yakni pesan untuk menjaga kelestarian alam.

"Bagaimana peran kita sebagai umat Islam mengetahui penyebab terjadinya bencana di alam kita.
Bencana alam tidak luput dari tangan tangan manusia, dan dengan adanya bencana tersebut membutuhkan kita sadar," Kata Ubaidillah selaku pemateri penyampaian tauji yang bertemakan Islam dan Lingkungan Hidup.

Ubaidillah menjelaskan, di dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 30, Allah SWT menyerukan kita untuk menjadi khalifah dan ,menjaga kelestarian alam.

"Dua faktor penyebab bencana alam,  pertama akibat eksploitasi alam yang berlebihan, tidak terkontrol tanpa memikirkan apa dampak dan manfaatnya serta pemborosan-pemborosan," jelasnya.

Ubaidillah melanjutkan, penyebab bencana alam yang kedua adalah dosa dan perbuatan maksiat, "Dahulu jika ketika mereka melakukan dosa dan perbuatan maksiat langsung Allah azab," ujarnya.

Ubaidillah berpesan, sebagai kader dakwah hendaknya menyadari dan menjaga diri kita dari perbuatan perbuatan dosa.

"Harapannya ialah jagalah kelestarian alam, sehingga anak cucu dapat menikmati alam yang saat ini masih kita rasakan. Menjalankan kehidupan lebih baik tetap menjaga ekosistem kehidupan," pesannya.

Penulis: Ilma Karmila
Editor: Sukardi
Bagikan:

BENGKAYANG

Komentar:

0 comments:

close