KM Penyeberangan Tenggelam di Sungai Kapuas, 1 Tewas dan 12 Orang Ini Hilang

Bagikan:
Kapal Tenggelam/Ilustrasi: Jurnalistiwa.co.id
Kapuas Hulu, jurnalistiwa.co.id - Sebuah kapal motor penyeberangan dari PT Berlian Estate menuju penyebrangan dermaga PT SJRE (Apeng) tenggelam di Sungai Kapuas di Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (19/1/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. 

Seperti dilansir Kompas.com, Minggu (20/1/2019) Kapal motor yang dikemudikan Gunawan tersebut membawa 24 orang penumpang serta 9 unit kendaraan bermotor.

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, Iptu Siko mengungkapkan, peristiwa tersebut berawal ketika kapal bertolak untuk menyeberang antar dermaga. Namun, sekitar 10 meter sebelum dermaga tujuan, kapal kemudian karam dan tenggelam. 

"Untuk dugaan sementara penyebab tenggelam nya kapal akibat kelebihan muatan," ujar Siko kepada Kompas.com, Minggu (20/1/2019) pagi. 

Dalam peristiwa tersebut, satu orang dinyatakan meninggal dunia, 11 orang penumpang selamat dan 12 orang dinyatakan hilang. Sedangkan semua unit muatan kendaraan turut tenggelam bersama kapal tersebut.

Berikut nama 12 penumpang yang masih hilang : 
1. Lina 
2. Hana 
3. Vincent Balu 
4. Roni 
5. Charles
6. Oce 
7. Eman Tuga 
8. Aster 
9. Harian 
10. Don 
11. Stepanus 
12. Julio 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pontianak, Hery Marantika mengatakan pihaknya telah memberangkatkan dua tim rescue untuk mencari ke-12 korban yang hilang tersebut. 

"Pagi tadi kami mendapat laporan dan kami langsung merespon dengan memberangkatkan dua tim untuk melakukan pencarian," ujar Heri. 

Heri menambahkan, tim yang diturunkan untuk melakukan pencarian ini dilengkapi dengan perlatan yang diperlukan seperti peralatan selam, evakuasi, medis, komunikasi dan peralatan pendukung lainnya. (Kompas/L)

Bagikan:

KALBAR

KAPUAS HULU

PONTIANAK

Komentar:

0 comments: