Lihat Iklan

Keutamaan Salat Pada Waktu Subuh dan Balasannya

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh: Nur Kholis

Banyak ibadah-ibadah yang harus kita lakukan, tentunya harus dengan istiqamah dan ikhlas serta sabar mengerjakannya. Salah satunya adalah ibadah pada waktu subuh, baik sholat sunnah atau fardhunya. Terkadang kita juga bertanya-tanya apa keutamaan ibadah salat pada waktu subuh ini dan apa balasannya?

Yang pertama, sebuah hadist diriwayatkan oleh Ummul Mu’minin (ibunya orang-orang beriman) yaitu ‘Aisyah r.ha bahwasannya Rasulullah SAW. pernah berkata: Rak’atal fajri khoirum minad dunya wa ma fiha “Dua raka’at fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya”. Jadi, apabila dikumpulkan seluruh isi yang ada di dunia ini, sholat dua raka’at ini lebih baik daripadanya.

Apabila ditinggalkan, maka hilanglah dunia dan seisinya. Apa salat dua raka’at ini?, dari Imam An Nawawi, pendapat yang kuat tentang dua raka’at fajar ini adalah qobliyah subuh. Salat sunnah qobliyah subuh ini dikerjakan pada saat antara adzan dan salat subuh.

Bahkan pernah Rasulullah SAW. dalam perjalanan pada malam hari bersama sahabat-sahabatnya salah satunya Bilal bin Rabbah, saking lelahnya beliau sampai tertidur pulas dan terbangunnya pada saat terik matahari. Pada saat terkejut bangun Rasulullah menyuruh Bilal untuk mengumandangkan adzan. Setelah mengumandangkan adzan Rasulullah tidak langsung mengerjakan salat subuh, tetapi beliau mengerjakan sholat qobliyah subuh dahulu. Apa maknanya? Walau terlambat sekalipun Rasulullah tetap mengerjakan salat qobliyah subuh. Betapa besar perhatian beliau terhadap qobliyah subuh ini.

Selanjutnya yang kedua, masuk pada sholat fardhu pada waktu subuh. Yang pertama tadi telah membahas tentang sholat sunnahnya, dan yang kedua ini membahas tentang salat fardhunya. Apa ketutamaan salat fardhu pada waktu subuh?

1. Lau ya’lamu nama fi attamati wa subhi, lau atauhuma abwan. “Andai mereka tahu pahala sholat shubuh berjamaah, mereka akan datang walaupun merangkak”. Maksud di sini adalah andai Allah kasih tau, mereka akan datang walaupun merangkak. Kenapa Allah tidak memberi tahu? Karena Allah ingin memberi kejutan kepada orang-orang yang senantiasa mengerjakannya agar nanti di akhirat mereka melihat balasannya sangat besar sekali.

2. Siapa yang sholat shubuh berjama’ah, maka akan mendapatkan pahala seperti sholat sepanjang malam.

3. Malaikat malam bergantian tugas dengan malaikat siang, bertemunya pada waktu jama’ah sholat subuh. Maka bagi yang mengerjakan sholat subuh berjama'ah telah sholat bersama dua malaikat yaitu malaikat malam dan siang.

4. Yang terakhir, Man sholla subha fi jam’atin, tsumma qa’ala yadzkrullah hatta tatlu asy-syamsyu, kanat lahu ka hajjatin hajji wa ‘umrah. Tammah, tammah, tammah. “Siapa yang sholat subuh berjama’ah, kemudian duduk berdzikir mengingat Allah sampai terbit matahari, mendapatkan pahala sama seperti haji dan ‘umrah. Sempurna, sempurna sempurna”

Jika kedua sholat pada waktu subuh ini dikerjakan, maka akan sangat baik sekali untuk diri kita untuk senantiasa lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

*Mahasiswa IAIN Poantianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close