Lihat Iklan

Kerjasama Dengan Bawaslu, GMKI Sintang Bentuk Lembaga Pemantau Pemilu

Bagikan:
Pengurus GMKI Sintang Bersama Komisioner Bawaslu Sintang.
Foto/Istimewa

Sintang, jurnalistiwa.co.id - Badan Pengurus Cabang Gerakan Mahasiwa Kristen Iindonesia Sintang mengunjungi Komisioner Bawaslu Sintang bicarakan masalah Pilkada 2019. Jumat (04/01/2019).

Hengki Barnabas ketua Cabang GMKI Sintang menyampaikan pemilu tahun ini merupakan pesta demokrasi uang bersejarah karena pertama kali diadakan di Idonesia.

"Pemilu 2019 merupakan Pemilu setentak pertama dalam sejarah demokrasi, di mana rakyat mencoblos lima kertas suara sekaligus,  mulai dari Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI,  DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” tuturnya.

Ia mengungkapkan dengan adanya Pemilu serentak tersebut akan muncul kerawanan dan permasalahan sehingga dibutuhkan Lembaga Pemantau yang mendukung Bawaslu dalam melaksanakan tugas pengawasannya.

“Pemilu serentak tersebut memungkinkan banyak muncul kerawanan dan permasalahan, sehingga peran  pemantauan akan sangat di butuhkan, dan sebagai bentuk kepedulian GMKI terhadap proses demokrasi di Sintang, kita akan membentuk lembaga pemantau,” ungkapnya.

Hengki mengungkapkan kunjungan tersebut dilakukan merupakan tindak lanjut dari MOU yang dilakukan oleh GMKI dan Bawaslu Kalbar, dan telah diakreditasi oleh Bawaslu RI.

“Ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah dibuat GMKI bersama Bawaslu Provinsi, dan GMKI juga telah mendapatkan akreditasi dari Bawaslu RI sebagai lembaga pemantau, sehingga kita sah secara peraturan dan perundan-undangan," ungkapnya.

Franciskus,  SH. Ketua Komisioner Bawaslu Kabupaten Sintang, menyambut dengan baik maksud kedatangan GMKI Sintang tersebut, dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh GMKI Sintang untuk menjadi Lembaga Pemantau Pemilu 2019.

"Kita menyambut baik langkah dari GMKI Sintang yang akan membentuk lembaga pemantau Pemilu, ini membantu tugas Bawaslu, dalam rangka melakukan pengawasan terhadap proses pemilu serentak ini, saya sudah meminta kepada GMKI Sintang untuk segera melengkapi struktur lembaga pemantaunya, dan kita akan buatkan acara penandatanganan MOU secara seremonial nanti," ungkapnya.

Penulis: Muhammad Hotip
Editor: Abdul Khofid
Bagikan:

SINTANG

Komentar:

0 comments:

close