Cari Disini



Kelapa Sawit Bakar Atau Panggang

Bagikan:
Ilustrasi/Net
Oleh : Siti Anisiah
JURNALISTIWA.CO.ID- Helo readers, kalian tau nggak sih kalo ternyata kelapa sawit itu juga bisa untuk makanan? Sebelumnya kalian harus tahu dulu nih apa itu kelapa sawit.

Menurut wikipedia  kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel).

Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia. Di Indonesia penyebarannya di daerah Aceh, pantai timur Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kelapa sawit berbentuk pohon tingginya dapat mencapai 24 meter. Akar serabut tanaman kelapa sawit mengarah ke bawah dan samping. Selain itu juga terdapat beberapa akar napas yang tumbuh ke samping atas untuk mendapatkan tambahan aerasi.

Buah sawit mempunyai warna bervariasi dari hitam, ungu, hingga merah tergantung bibit yang digunakan. Buah bergerombol dalam tandan yang muncul dari tiap pelapah. Minyak dihasilkan oleh buah.

Kandungan minyak bertambah sesuai kematangan buah. Setelah melewati fase matang, kandungan asam lemak bebas (FFA, free fatty acid) akan meningkat dan buah akan rontok dengan sendirinya.
Nah, jika sudah matang saatnya kita ambil untuk kita jadikan makanan, caranya sederhana saja. Pertama-tama siapkan panggangan untuk memulai membakar atau memanggang buah kelapa sawitnya.

Kemudian, ambil buah yang sudah matang dan sudah dicuci bersih. Setelah itu kita panggang buah nya  tunggu beberapa saat setelah itu masak lalu tiriskan dan siap saji. Rasa dari buah kelapa sawit bakar atau panggang sngan enak seperti jangung manis yang dibakar. Silahkan mencoba..

*Mahasiswa IAIN Pontianak

Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments: