Fenomena Mistis Kerajaan Gaib Negeri Paloh

Bagikan:
Ilustrasi/Net

   
Oleh: Witri*

Kerajaan alam gaib bernama Negeri Paloh itu sungguh-sungguh ada dalam kenyataan sebenarnya. Sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja bernama Pangeran Sandi.

Keberadaan kerajaan gaib ini kerap memunculkan fenomena mistis. Selain panoramanya yang indah, kawasan perbatasan antara Kalimantan Barat dan Malaysia juga menyimpan kekuatan gaib yang cukup besar. Peristiwa-peristiwa aneh sering terjadi di beberapa tempat. Mulai dari munculnya sebuah kota di tengah belantara, kemudian hilangnya sebuah pesawat berikut awaknya, sampai pada penculikan beberapa orang penduduk. 

Paloh sendiri adalah nama sebuah kecamatan yang terletak di wilayah Kabupaten Sambas, Kalimatan Barat. Kedudukannya sangat strategis, karena berbatasan langsung dengan Malaysia bagian timur. Uniknya, di Kecamatan Paloh ini juga ada sebuah negeri gaib yang dikenal sebagai Negeri Paloh.

Daerah yang sebagian besar daratannya masih berupa hutan belantara ini telah diresmikan menjadi daerah konservasi. Beberapa tempat rekreasi yang memiliki panorama indah dan menarik,juga telah dikelola oleh Perhutani Provinsi Kalimantan Barat. Tempat konservasi tersebut kerap dijadikan sebagai tempat kegiatan pemuda, khususnya para pencinta alam.

Selain alamnya yang sejuk dan asri, keberadaan Paloh dengan pemukiman sedikit penduduknya itu, mulai menarik perhatian banyak orang. Di sana kita akan terpesona melihat bukit-bukit berdiri kokoh diselimuti jutaan pohon yang tumbuh berbaris membentuk satu kesatuan. Di lain tempat, terdapat pula hutan rawa yang tak kalah menariknya. Letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk. 

Hutan yang berada tepat di tengah belantara itu sampai sekarang belum pernah disentuh oleh pengunjung, menimbang lokasinya yang jauh dan sangat rawan. Para penduduk juga meyakini bahwa tempat itu di selimuti hawa mistis dan dihuni sekelompok makhluk halus yang senantiasa muncul kedimensi manusia dengan kejadian-kejadia anehnya. 

Penampakkan yang sering disaksikan penduduk setempat adalah hadirnya sebuah kota dengan segala aktivitasnya di tengah hutan rawa tersebut. Peristiwa yang terjadi setiap tengah malam itu membuat penduduk yang pernah menyaksikannya terheran heran. Seketika itu suasana hutan yang sunyi dan senyap, berubah menjadi terang menderang, gedung-gedung berdiri kokoh dihiasi lampu bewarna warni, suara lalu lintas kendaraanpun tak ketinggalan meramaikan suasana. 

Saking terpesonanya, ada beberapa orang dari penduduk tertarik dan mencoba untuk mendekati kota gaib itu. Namun mereka tak pernah kembali. Kisah mistis tersebut tidak hanya bersumber dari satu orang saja, melainkan hampir semua masyarakat membenarkannya. 

Selain  di hutan rawa peristiwa aneh juga pernah bahkan sering terjadi di beberapa tempat.salah satunya adalah di Bukit Melintang yang letaknya tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk. Bukit kecil yang berupa hutan ini diyakini juga sebagai tempat bermukimnya makhluk halus dan pernah mengukir sejarah.Sekitar tahun 70-an, terjadi peristiwa memilukan. 

Pesawat milik TNI  AU hilang bersama para awaknya saat terbang melintas wilayah paloh.Diduga pesawat tersebut menabrak Bukit Melintang. Namun setelah dilakukan pencarian di tempat itu yang juga diteruskan menyisir titik rawan yang juga diteruskan menyisir titik rawan kecelakaan.Para petugas tidak menemukan mayat maupun bangkai pesawat.Pesawat dan awaknya seperti lenyap ditelan bumi. Korban yang hilang itu tidak mati, tetapi diambil oleh makhluk halus. Sebelum di angkat menjadi penduduk negeri gaib. Terlebih dahulu dilakukan tawar  menawar antar korban dan penguasa Negeri Paloh. Tawar menawar itu memang harus dilakukan karena setiap manusia yang telah masuk kedalam negeri itu tidak diizinkan kembali ke alam nyata. Karena apabila kembali mereka akan mati.

Setelah terbentuk suatu kesepakatan para korban harus mengikuti ritual khusus, agar mereka dapat diterima ditengah masyarakat dan hidup rukun didalamnya. Berawal dari  kecelakaan itulah, kemudian peristiwa-peristiwa aneh beruntun mendatangi penduduk setempat. Satu demi satu, gadis desa yang masih perawan hilang entah kemana dan diyakini diambil oleh makhluk halus yang menguasai daerah tersebut. Sampai-sampai para lelaki mengeluarkan larangan kepada para wanita,istri maupun anak-anaknya keluar rumah sendirian.Hal itu karena dikhawatirkan akan bernasib sama dengan yang lain.

Tak hanya itu,munculnya orang-orang tak dikenal kepemukiman penduduk dirasa cukup meresahkan, apabila tidak diketahui dari mana mereka berasal. Konon, kehidupan mereka sama seperti manusia dan sangat menjunjung tinggi adat istiadat leluhur, perkembagan penduduk yang tinggal  di negeri itu sangat pesat. Sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja bernama pangeran Sandi. Banyak orang yang ingin masuk kedalam Negeri tersebut,namun tidak semudah itu, mereka harus memiliki kemampuan supranatural dan berhati bersih. Karena apabila hati seseorang itu jahat, dikhawatirkan akan membahayakan kehidupan dialam tak kasat mata itu.


*Mahasiawa IAIN Pontianak

Bagikan:

OPINI

SAMBAS

WISATA

Komentar:

0 comments:

close