Lihat Iklan

Ada Apa Dengan Rokok?

Bagikan:
Ilusrasi/A.K
Oleh: Khoiriyeh

Rokok, siapa sih yang tidak tau dengan tubuh silinder ini, merokok merupakan hal yang sangat lazim terjadi di Indonesia. Dari mulai kalangan orang kaya hingga orang miskin sekali pun, dari kalangan muda hingga tua. Mereka sangat menggemari tubuh silinder ini meskipun mereka tau dampak yang akan mereka alami di kemudian hari akibat tubuh silinder ini.

Sejak beberapa tahun terakhir, tubuh silinder ini dikemas dengan gambar yang lebih ekstrim. Seperti tenggorokan yang berlubang pada manusia, seorang bapak yang menggendong anaknya yang masih balita sambil merokok, dan sebagainya. namun masih banyak orang-orang yang masih tetap mau menghisap tubuh silinder ini.

Padahal, sudah ada slogan peringatan bahwa “rokok membunuhmu” pada gambar yang tertera di kulit rokok. Tetap saja semua itu hanya sebagai bacaan semata, tidak membuat sadar para perokok. Walaupun mereka menyadari akan kandungan bahaya di dalam tubuh silinder tersebut. Tapi sebagian dari mereka masih saja menghisap rokok.

Dan bahkan rokok pada zaman sekarang ini, memiliki ragam bentuk rokok ada yang dinamakan rokok elektrik dengan beraneka ragam aroma dan rasanya. Namun tetap saja di dalam rokok elektrik tersebut menggandung nikotin dan tar yang bisa merugikan tubuh para perokok elektrik. Bukan hanya merugikan perokok saja, orang-orang di sekitarnya juga akan terkena dampak dari asap rokok tersebut.

Bagi yang masih menjadi perokok, berhentilah merokok dan hilangkan kebiasaan tersebut. Meski sebagian orang berpendapat bahwa butuh adanya kesadaran diri untuk berhenti merokok, namun perlahan tapi pasti kita akan terbiasa tanpa menghembuskan asap yang membuat diri anda bahaya, sadarilah mulai dari sekarang akan bahaya rokok bagi kesehatan dan jiwa kita karena nyawa tidak bisa dibeli. Oke!!

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

Komentar:

0 comments:

close