Wisata di Kota Pontianak

Bagikan:
Net
Oleh: Yuliani

Liburan akhir tahun telah tiba, tentunya banyak masyarakat yang menunggu dan memanfaatkan waktu liburan tersebut untuk berwisata. Wajar saja, karena biasanya liburan akhir tahun adalah liburan yang panjang. Akibatnya, banyak agenda liburan yang direncanakan, bahkan hingga jauh-jauh hari sebelumnya. Ada juga beberapa orang yang lebih memilih untuk berwisata murah untuk menghemat pengeluaran.

Berlibur tidak harus selalu di tempat yang jauh, Anda juga bisa melakukannya di lokasi yang dekat dengan tempat tinggal Anda, sehingga Anda tidak hanya menikmati liburan Anda sebagai sebuah rencana saja. Lakukan liburan Anda dan dapatkan berbagai manfaat atas kegiatan tersebut. Liburan akhir tahun merupakan hal yang dinanti-nantikan oleh banyak orang.

Pergantian tahun ini adalah awal dari rencana seseorang untuk mencapai kesuksesan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Banyak orang memilih menghabiskan akhir tahun mereka untuk berwisata di beberapa tempat wisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang menarik dari dulu hingga sekarang adalah wisata yang ada di Kota Pontianak. Pontianak merupakan tempat di Kalimantan Barat yang memiliki budaya nasional tinggi yang sampai sekarang tetap dilestarikan walaupun perkembangan zaman bisa mengubah peradaban manusia.

Bila Anda selalu disibukkan dengan kegiatan kantor, kuliah, sekolah dan pekerjaan yang lainnya, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu sebentar untuk beristirahat dan menikmati liburan bersama keluarga. Ada banyak tujuan wisata yang bisa anda coba di kota Pontianak, liburan kali ini Anda tidak perlu jauh- jauh, dak tidak perlu menguras waktu dan uang. Mari mengisi liburan di tempat tinggal kita yaitu Kota Pontianak. Sejak dulu Pontianak terkenal sebagai tempat wisata di yang bagus dan eksotis sehingga wisatawan dalam negeri maupun luar negeri selalu memilih liburan mereka di Kota Pontianak.

Dilintasi garis Khatulistiwa, Kota Pontianak adalah salah satu kota besar di Pulau Kalimantan yang juga dikenal akan sungai Kapuasnya. Ibukota Kalimantan Barat ini juga kerap menjadi tujuan liburan domestik mengingat daya tarik wisata yang dimilikinya. Kota Pontianak memberikan kemudahan bagi kita untuk berlibur, selain berhemat dan tidak menguras tenaga anda sekeluarga juga pastinya anda  sangat  menikmati semua keindahan- keindahan yang ada di Kota Pontianak ini. Di Kota Pontianak dengan biaya yang lebih ringan. Pontianak memiliki tujuan wisata yang banyak dan menyenangkan.

Kota Pontianak memang sangat menyenangkan untuk dikunjungi, enggak terlalu ramai, punya banyak makanan enak, dan juga kota dengan tempat nongkrong yang asik. Tentu, selain yang sudah saya sebutkan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di kota Khatulistiwa ini.

Berikut tempat wisata yang wajib kita ketahui dan untuk kita kunjungi di masa- masa liburan:

Taman Alun- Alun Kapuas
Net
Taman Alun-Alun Kapus berada di pusat kota pontianak, wisata yang menawarkan berbagai macam keindahan ini dapat dimikmati dengan midah karena lokasinya yang terjangkau. Wisata ini berada di Jl. Tanjungpura tepat di depan Kantor Walikota Pontianak, menajikan wisata air dan menyediakan banyak tempat yang enak sekedar untuk berfto ria bersama keluarga dan teman.

Tugu Khatulistiwa
Net
Menyebrang ke Siantan kita akan menemukan Tugu Khatuistiwa, tugu yang menjadi Icon kota Pontianak ini memiliki berbagai macam sejarah didalamya. Selain menjadi penanda titik nol drajat yang melewati Ibukota kalimantan barat ini uga memiliki sejarah yang menarik untk dicari tahu. Mulai dari awal pembangunan tugu pada masa Hindia Belanda hingga sekarang yang sudah memiliki banyak perubahan fisik namun tidak mengubah nilai sejarahnya.

Taman Digulis
Net
Selain memilii wisata sejarah Kota Pontianak juga memiliki tempat wisata taman yang akan memanjakan mata para pengunjung, diantaranya adalah Taman Digulis yang berda di Jl. A. Yani atau tepat berada di lingkungan Universitas Tanjungpura Pontianak. Wisata ini menyajikan pemandangan yang yang menarik terutama dimalam hari kita akan dimanjakan dengan pemandangan Air Mancur menari yang dihiasi dengan berbagai warna lampu yang menambah keindahan taman tersebut.

Taman Catur
Net
Selain Taman Digulis juga ada Taman Catur yang menjai daya tarik wiisatawan untuk datang sekedar berfoto. Taman yang memiliki miniatur papan permainan catur raksasa yang menjadi daya tarik wisata untuk atang mengunjungi taman yang berada di dekt Taman Digulis tersebut.

Kraton Kadriyah
Net
Terdapat tempat bersejarah yang menjadi tempat wisata favorit di Kota Pontianak adalah Kraton Kadriyah, Kraton Kerajaan Pontianak. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri yang dimilikiny, diantaranya adalah beberapa meriam peninggalan Belanda yang dipasang untuk menambah keunikan dan keasrian Istana.

Rumah Radank/Betang
Net
Rumah Radank atau rumah panjang merupakan rumah tradisional suku Dayak, suku pribumi kalimantan. Disini kita akan dimanjankan dengan berbagai keunikan dan keindahan yang disajikan di Rumah Radang denhan menampilkan keindahan ukiran khas suku dayak yang menambah keasrian temat ini.   

Itulah beberapa tempat wisata yang wajib kita kunjungi saat liburan di kota Pontianak. Sangat indah dan menarik ya kawan-kawan. Oleh karena itu mari mengisi liburan di akhit tahun ini dengan mengunjungi tempat wista yang berda di tempat tinggal kita sendri yaitu Kota Pontianak.

Demikianlah info yang dapat saya tampilkan berikan seputar tempat wisata di Pontianak yang dapat Anda kujungi saat liburan.

*Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Pontianak
Bagikan:

KALBAR

OPINI

WISATA

Komentar:

0 comments:

close