Lihat Iklan

Waspadai Makanan Siap Saji (Junk Food)

Bagikan:
Net
Oleh: Ghina Amalia

Makanan siap saji atau biasa yang disebut dengan junkfood ialah makanan yang proses persiapannya dengan metode sangat cepat. Junkfood memang tidak membutuhkan waktu lama untuk menunggu proses persiapannya tetapi Junkfood adalah makanan yang kurang memerhatikan kandungan yang ada didalamnya. Contoh dari makanan junkfood seperti mie instan, burger, pizza, kentang goreng dan lain sebagainya, makanan seperti ini memang enak tetapi bahaya bagi kesehatan tubuh.

Bahaya dari junkfood dapat menjadi dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Karena junkfood mengandung kalori yang berlebih dan memiliki kadar lemaknya yang sangat tinggi. Bahaya dari makanan siap saji ini dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah  satunya dapat menyebabkan diabetes karena diabetes tidak hanya dipengaruhi oleh faktor keturunan atau usia melainkan disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat karena terlalu banyak mengkonsumsi junkfood sehingga dapat menyebabkan banyak glukosa menumpuk di aliran darah.

Junkfood juga dapat membuat gizi tidak seimbang karena didalamnya hanya mengandung karbohidrat, protein dan lemak dan makanan siap saji ini tidak mengandung seperti vitamin dan serat. Tubuh kita sangat membutuhkan makanan yang sehat agar dapat menyeimbangkan gizi dalam tubuh kita, maka dari itu kita perlu untuk mengkonsumsi sayuran hijau karena membawa dampak positif untuk kesehatan tubuh kita dan kandungan di dalam sayuran hijau terdapat vitamin dan serat.

Dikalangan masyarakat sudah terbiasa untuk mengkonsumsi makanan siap saji, karena hal ini memang praktis, sangat mudah dan cepat untuk dihidangkan. terutama dikalangan anak-anak, mereka sudah kecanduan untuk mengkonsumsi dengan makanan siap saji. Makanan siap saji memang membuat perut terasa kenyang dan puas tetapi gagal dalam proses pencernaan di dalam tubuh.

Makanan junkfood tidak menyehatkan ketika terlalu sering dikonsumsi. Kita sudah tahu bahwa makanan junkfood ini memang bahaya untuk kesehatan, tetapi selalu saja digemari oleh kalangan masyarakat.

Sudah seharusnya kita untuk menghindari dari makanan-makanan yang tidak menyehatkan dan tidak menimbulkan manfaat bagi tubuh kita. Memang tidak mudah untuk menghindari kebiasaan pola makan jika kita mengkonsumsinya terlalu sering. Hal ini akan menjadi mudah apabila kita selalu menerapkan pola makan yang sehat.

Ada beberapa tips agar kita bisa menerapkan hidup sehat yaitu pertama, dengan cara mengkonsumsi sayuran yang mengandung serat dan vitamin, kita juga perlu mengkaloborasi dengan makanan akan kaya protein yaitu dengan ikan dan sebagainya. Kedua, usahakan tidak menyediakan makanan junkfood dirumah agar anak tidak menemukan makanan cepat saji dirumah.
Bagikan:

KESEHATAN

Komentar:

0 comments:

close