Lihat Iklan

UPB Selenggarakan Diskusi Jurnalisme Investigasi

Bagikan:


Pontianak, jurnalistiwa.co.id - Universitas Panca Bakti (UPB) bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak menyelenggarakan Nonton Bareng dan Diskusi dengan tajuk “Jurnalisme Investigasi” di Rektorat UPB, Sabtu, (1/12/18).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh ketua AJI Pontianak, Dian Lestari serta Aris Munandar dan Rudi Agus Haryanto selaku jurnalis yang menjadi pemateri.

Film yang ditampilkan dalam agenda tersebut adalah Film Dokumenter Investigasi karya Watchdoc. 

Dari film tersebut, Dian memaparkan bahwa jurnalisme investigasi lebih sulit dan harus dilakukan secara mendalam maka diskusi memang perlu untuk diadakan.

“Jurnalisme investigasi itu agak sulit. Apalagi di zaman sekarang beritanya online, instan, pendek-pendek. Sedangkan investigasi itu dilakukan lebih mendalam, mengangkat hal-hal yang disembunyikan. Jurnalisme investigasi ini menjadi tantangan yang ingin dijawab oleh para jurnalis. Sehingga diskusi semacam ini memang diperlukan," ujarnya.

Rektor UPB, Purwanto mengatakan jika universitas yang ia pimpin tersebut dalam waktu dekat akan membuat Lembaga Pers Mahasiswa (LPM). 

“Kami juga ingin dalam waktu dekat ini akan membuat Lembaga Pers Mahasiswa. Kami juga ingin teman-teman dari  AJI memberikan pembekalan-pembekalan substansi terkait jurnalistik supaya mahasiswa lebih peka terhadap realitas sosial,” pungkasnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, kata Purwanto dapat menjadi suatu pengantar bagi mahasiswa untuk mendalami jurnalistik. 

Penulis: K. Ramadani
Editor: Lukmanul Hakim
Bagikan:

PONTIANAK

Komentar:

0 comments:

close