Lihat Iklan

Perbedaan Teman dan Sahabat

Bagikan:
Oleh: Arip

Menurut kalian apasih perbedaan teman dan sahabat? Apakah menerut kalian teman dan sahabat itu mempunyai kegunaan yang sama? untuk orang orang yang benar-benar mengerti tentang perbedaan teman dan sahabat pasti akan faham.

Dimana seorang teman adalah seseorang yang menemani kita di mana saja bahkan seorang teman hampir selalu ada disaat kita butuh dia. Seorang teman bisa kita temui dimana saja dan kapan pun, bahkan disaat kita sendiri, disaat kita bosan kita pasti mencari teman walau hanya sekedar untuk bahan obrolan, walaupun obrolan itu tidaklah sangat penting. Dan bisa dibilang juga untuk menemukan atau mencari teman itu sangat mudah, cukup kita berkenalan dan tahu siapa nama seseorang itu. Bisa jadi itu bisa dikatakan teman.

Tapi tidak selamanya teman itu bisa bersama kita dan tidak selamanya juga teman selalu ada di saat kita butuh. Kadang seorang teman bisa saja cepat dalam merubah hal fikiran. Di saat seorang teman seakan sudah mulai merasa bosan pada kita. Tidak lain tidak bukan mereka akan menjauh secara perlahan, bahkan terkadang bukan hanya menjauh, mereka bisa saja menghilang dan tidak tampak lagi dihadaapan kita.

Apalagi jarak atau waktu memisahkan kita dengan cukup lama, sehingga mereka seakan tidak mau untuk menyapa kita karena mereka sudah ada seorang teman yang sudah sangat luar biasa di samping mereka.

Okelah, kita lupakan sejenak untuk seorang teman yang tidak mau menegur kita. Beralih kepada kita disaat yang sama di tempat yang sama kita melihat teman lama kita dan kita sapa dia karna kita mengenalnya. Ah, tapi sayangnya kita juga tidak mendapat respon, bahkan untuk mendapatkan tatapan saja tidak. Itu lah seorang teman.

Berbeda halnya dengan seorang sahabat adalah seseorang yang memang benar benar dekat bersama kita, bahkan hal yang kecil tentang kita saja seorang sahabat bisa mengetahuinya, bahkan ada yang mengatakan sajabat itu selalu bareng walaupun kemana saja.

Sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas di mana suatu saat seorang teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar dia bisa tumbuh matang daan mandiri.

Dimana seorang sahabat selalu ada di samping kita bahkan di saat kita sangat membutuhkannya. Seorang sahabat siap berada di samping kita, sahabat juga siap mendengarkan keluh kesah kita walaupun sebenarnya seorang sahabaat sudah mulai lelah untuk mendengarkan curahan kita. Tapi untuk seorang sahabat kelelahannya tidak ada arti jika melihat sahabat lainnya sedang membutuhkan sandaran di bahunya. Itulah sahabat yang selalu benar benaar ada buat kita.

Seorang sahabat tidak akan memandang atau berfiran buruk walaupun kita mempunyai salah karena sorang sahabat yang setia yang benar-benar mempunyai rasa sahabat yang luar biasa pasti akan mengingatkan kita ke jalan yang lebih baik.

Tapi dimana waktu harus memberikan pilihan sahabat dan keluarga? Kita bingung untuk memberikan jawaban sehingga terkadang kita berfikir, apakah aku pantas menjadi sahabat yang baik? Tapi bagi sahabat yang benar-benar tulus, dia akan berkata "Saya tidak berharap menjadi orang yang terpenting dalam hidupmu, saya cuma berharap suatu hari nanti kalau mendengar nama saya, kamu akan tersenyum dan mengatakan dia sahabat saya".

Itulah seorang sahabat yang selalu memberikan ruang privasi untuk kita dan merasa dekat dengan kita, walau kita tidak bertemu dan tidak ada kontak untuk waktu yang lama.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close