Musim Buah Membawa Berkah

Bagikan:
Ilustrasi/Net

Oleh : Mariana

Ketika musim buah tiba, maka akan mendatangkan banyak keuntungan bagi masyarakat. Hampir di seluruh wilayah Kalimantan Barat dibanjiri oleh buah-buahan. Daerah kakap dan punggur misalnya, nama desa yang cukup terkenal dengan aneka macam buah dan rasanya. Saat ini daerah tersebut lagi musim buah durian, hingga masyarakat yang ada berbondong-bondong untuk merasakan buah asal daerah tersebut.

Seperti yang kita ketahui musim buah identik dengan berkah atau rezeki nomplok bagi para pemilik tanaman buah-buahan. Benar saja, berbuahnya buah durian, langsat, rambutan,manggis, dan lain sebagainya menjadi berkah karena bisa menjadi sumber pendapatan tambahan  masyarakat di tengah-tengah meroketnya mayoritas harga kebutuhan sehari-hari. Beberapa buah-buahan tersebut diatas sedikit banyak harapan untuk menambah pemasukan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. 

Masyarakat Kalimantan Barat terutama daerah punggur dan kakap yang warga nya banyak seorang petani dan juga banyak buah-buahan, kini mulai bisa memanen durian lagi setelah lama menunggu dari musim sebelumnya. Panen durian ini membawa berkah tersendiri bagi para petani durian, buah yang lezat dan aroma yang menggugah selera  menjadi alasan tersendiri orang menyukai buah durian. Tak mengherankan  jika di sepanjang jalan lintas Kalimantan Barat di kiri dan kanan muncul pedagang buah durian dadakan disisi kanan dan kirinya.

Sebagian besar warga di desa punggur dan kakap  itu memiliki pohon durian yang dijadikan sebagai penghasilan tambahan setiap kali musim durian. setiap hari, durian matang yang berhasil dipanen mencapai ratusan buah dengan harga bervariasi antara Rp. 5000 hingga Rp. 15.000. durian biasanya dijual pergandeng dengan harga bervariasi, tergantung besar kecilnya ukuran buah. 

Kisaran harga bisa mencapai Rp. 30.000 sampai Rp. 40.000 pergandeng. Itulah kenapa warga di sini sangat mengandalkan penghasilan tambahan dari hasil panen durian, karena jika dibeli dalam jumlah minimal 50 buah, mereka bisa meraup untung ratusan ribu rupiah dalam sehari, hak tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Di Kalimantan Barat ini tidak hanya durian saja ketika lagi panen tetapi banyak buah-buahan seperti langsat, manggis, rambutan, durian dll. Dan saat ini buah banyak disukai orang  apalagi sekarang lagi musim durian di sepanjang jalan pasti ada yg jualan durian, terutama buah manggis karna kulitnya bisa dijadikan obat.

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments: