Lihat Iklan

Maraknya Game Online Di Kalangan Masyarakat

Bagikan:
Net
Oleh  : Elma Nurmahdiah 

Game online merupakan gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa inggris yaitu game yang berarti permainan dan online yang berarti daring (dalam jaringan). Sehingga dapat di simpulkan bahwa game online adalah suatu permainan yang menggunakan jaringan komputer dan memerlukan koneksi internet. 

Menurut Eddy Liem, Direktur Indonesia Gamer, seorang pecinta games di Indonesia, game online adalah sebuah game atau permainan yang di mainkan secara online melalui via internet, dan bisa mengggnakan PC (personal computer) atau konsul game biasa seperti PS2, X Box dan sejenisnya. 

Game online biasanya dimainkan oleh banyak pemain dalam waktu yang bersamaan pada tempat yang berbeda bahkan antar bangsa maupun antar negara. Tentunya hal ini sangat menyenangkan dan dapat menghibur bagi para pecinta game online. Kalangan pecinta dari game online  sendiri tidak mengenal usia. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Seperti sebuah kebutuhan, game online seakan menjadi priorits utama yang sedang populer di kalangan masyarakat saat ini. 

Game online tidak hanya bersifat menghibur namun, dapat pula menimbulkan rasa ingin tau dan merupakan salah satu faktor yang mendorong seseorang ingin mencoba permainan baru yang belum pernah ia coba. Kemudian sebagai alasan untuk mengisi waktu luang karena tidak mempunyai aktivitas yang bisa dilakukan seperti merasa kesepian ataupun bosan, maka game online dianggap sebagai teman untuk mengisi waktu luangnya.  

Game online sangat berkembang pesat pada akhir-akhir ini. Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan maraknya game online yang terjadi di kalangan masyarakat dapat membawa suatu perubahan dalam segala lapisan kehidupan yang membawa suasana baru di mana interaksi sosial dengan sesama semakin erat. Selain itu game online mempunyai daya tarik tersendiri. Maka tidak aneh jika masyakarat pada saat ini menjadi kecanduan terhadap game online. Sehingga sering lupa waktu  karena  keasyikan dalam bermain game dan melalaikan tugas maupun  kegiatan-kegiatan yang lainnya. 

Adapun di kalangan para pelajar pada umumnya dapat di buktikan dengan banyaknya pelajar yang sering membolos dan menghabiskan waktunya di luar sekolah  seperti di warnet, cafee, warung kopi dan lain sebagainya yang bisa di jadikan tempat mereka berkumpul dan bermain game bersama. Hanya dengan membayar relatif murah, yaitu sebesar Rp. 2.000 per jamnya seseorang akan merasa betah menghabiskan waktu berjam-jam karena keasyikan dalam bermain game online. Sehingga hal ini dapat menyebabkan aktivitas di sekolah menjadi terganggu. 

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, game online juga mengalami  perkembangan yang sangat pesat. Seperti muncunya berbagai jenis permainan baru yakni diantaranya mobile legends, pubg mobile, free fire, zombie hunter, hago dan lain sebagainya. 

Game online di kalangan masyarakat banyak membawa pengaruh yang cukup besar bagi setiap orang yang memainkannya, baik dalam bentuk positif maupun negatifnya. Adapun pengaruh atau dampak positif game online diantaranya yaitu meningkatnya kemampuan berbahasa inggris karena kebanyakan game online menggunakan bahasa inggris dalam pengoperasiannya, ini yang mengakibatkan pemainnya harus mengetahui kosa kata bahasa inggris. 

Selain itu dapat meningkatkan konsentrasi, karena setiap pemain pasti mengalami kesulitan dalam menyelesaikan permainnya maka dari itu di butuhkan konsentrasi yang tinggi. Namun game online tidak hanya memberikan dampak yang positif, adapun dampak negatif dari game online yakni dapat menimbulkan kecanduan bagi para pemainnya dan juga memicu terbengkalainya segala bentuk kegiatan. Tentunya hal ini menjadi suatu fenomena yang kurang baik dan terjadi di kalangan masyarakat baik remaja, dewasa maupun anak-anak
Bagikan:

OPINI

TEKNOLOGI

Komentar:

0 comments:

close