Lihat Iklan

Lunturnya Budaya Indonesia di Jiwa Generasi Muda

Bagikan:
Net
Oleh: Novita Hidayanti

Kebudayaan merupakan salah suatu unsur yang ada di dalam negeri yang menjadi ciri khas dan identitas di dalam suatu negara yang harus dilestarikan. Kebudayaan terbentuk di dalam lingkungan masyarakat, dimana budaya itu tumbuh dan berkembang. Kebudayaan yang ada sekarang ini bisa saja berubah karena disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga menimbulkan kebudayaan-kebudayaan baru.

Kebudayaan yang ada di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu dan dilestarikan secara turun-temurun. Indonesia juga memiliki berbagai macam budaya seni mulai dari segi ragam, corak dan keindahannya sehingga memiliki daya tarik wisatawan untuk melihat serta menikmati keindahan budaya-budaya Indonesia. Dengan itulah  sudah seharusnya kebudayaan yang ada ini untuk dijaga dan dikembangkan agar generasi-generasi penerus bangsa dapat ikut merasakan dan melestarikannya.

Namun kenyataanya, di era sekarang budaya Indonesia sudah mulai luntur ditangan pemuda. Karena adanya faktor dari dalam, seperti kurang pedulinya terhadap kebudayaan daerah sendiri. Faktor dari luar, seperti masuknya budaya asing yang semakin hari menjadi daya ketertarikan, sehingga para pemuda lebih condong mengikuti budaya luar. Dampaknya pemuda Indonesia mulai kehilangan jati dirinya yang memegang teguh budaya Indonesia. Lunturnya budaya ini membuat Indonesia dianggap lemah oleh negara lain, sehingga membuat negara lain dengan mudah mengakui budaya Indonesia. Bisa diambil contoh dari peristiwa budaya Indonesia yang pernah diklaim oleh negara tetangga.

Pengklaiman atas budaya yang dilakukan oleh negara-negara tetangga menjadi berita yang ramai diperbincangkan. Hal tersebut sudah sangat sering dilakukan, dimana budaya seni yang menjadi hak Indonesia serta menjadi ciri khas Indonesia direbut oleh negara lain. Budaya yang diklaim tersebut sering ditampilkan di negaranya dan memberitahukan kepada semua masyarakat di sana bawasannya budaya ini hasil dari karyanya. Padahal sebenarnya budaya seni tersebut merupakan budaya asli Indonesia yang diklaim kemudian dijadikan budaya tetap.

Dari peristiwa tersebut dapat dilihat bahwa saat ini justru banyak orang luar lebih tertarik dengan budaya kita, dari pada orang-orang Indonesia sendiri.

Lunturnya budaya ini terjadi karena beberapa sebab yaitu: Pertama, kurangnya kesadaran generasi muda akan pentingnya budaya. Kedua, Kelalaian masyarakat Indonesia yang tidak mencintai budayanya sendiri, sehingga dengan mudah diakui oleh negara lain. Ketiga, generasi muda yang mudah terpengaruh budaya asing, sehingga menjadi kebiasaan dan perlahan lupa terhadap budaya sendiri.

Dari faktor-faktor tersebut maka dapat mengakibatkannya budaya Indonesia secara perlahan mulai terkikis, dan mengalami keterbelakangan budaya.

Maka dari itu, sebagai warga negara Indonesia penting untuk kita meningkatkan kesadaran dalam upaya menjaga, dan melindungi budaya agar tetap utuh, meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam memajukan budaya lokal tanpa terpengaruh budaya asing, meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia, menghidupkanlah semangat toleransi, kekeluargaan, kebersamaan, dan solidaritas yang tinggi, serta selalu mempertahankan budaya Indonesia agar tidak hilang ditelan zaman.

“Masa depan sebuah negara berada di pundak dan jiwa para pemuda” -Anonim-

Dari pernyataan tersebut, sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda yang sadar akan pentingnya budaya Indonesia, untuk tetap dilestarikan dan dijaga.

“Kebudayaan merupakan ciri khas suatu bangsa,
Melestarikannya adalah tugas kita sebagai pemuda”

*Mahasiswa IAIN Pontianak
Bagikan:

OPINI

Komentar:

0 comments:

close